visitaaponce.com

Kegiatan Seru Malam Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga atau Teman

Kegiatan Seru Malam Tahun Baru di Rumah Bersama Keluarga atau Teman
Ilustrasi perayaan malam tahun baru(Freepik.com)

TINGGAL menghitung hari menuju berakhirnya Desember 2023 menuju tahun 2024. Merayakan momen pergantian tahun bersama keluarga, teman, dan orang tersayang memberikan nuansa indah dalam mengakhiri tahun. 

Perayaan malam tahun baru diadakan pada 31 Desember pada tengah malam menuju pergantian 1 Januari. Berkegiatan menuju tengah malam sering kali dilakukan semua orang, dari mulai barbeque, bermain gim, nonton film bersama, dan banyak kegiatan lainnya.

Tak lupa kemeriahan terompet dan kembang api menghiasi langit-langit dalam menyambut tahun baru. Namun, diantara kita ada yang memilih menikmati malam tahun baru hanya di rumah. Walaupun berada di rumah ada berbagai kegiatan menarik yang bisa menemani malam tahun baru bersama keluarga ataupun teman.

Baca juga : Lokasi Pertunjukkan Kembang Api Malah Tahun Baru 2024 dari Jakarta Hingga Bali

Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pada malam tahun baru yang bisa dilakukan di rumah:

1. Barbeque (BBQ)

Perayaan tahun baru menjadi lebih lengkap dengan kehadiran sajian makanan yang lezat. Sambil menikmati pesta kembang api di rumah, alternatif seru adalah mengadakan acara BBQ atau bakar-bakaran bersama. 

Pilihan menu BBQ tidak terbatas pada daging mahal, melainkan dapat disesuaikan dengan selera dan anggaran, termasuk sosis, jagung, bakso, dan variasi lainnya. Biasanya, hidangan BBQ disajikan dalam bentuk sate, tergantung pada preferensi masing-masing.

Baca juga : Mengenal Asal Usul Perayaan Tahun Baru Masehi

Acara BBQ bisa diadakan di teras rumah atau lokasi yang sesuai. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan api dalam proses memanggang memerlukan kewaspadaan ekstra. Penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama kegiatan ini. Pastikan area bakar-bakaran aman dan terkontrol untuk mencegah kemungkinan kecelakaan. 

Melakukan bakar-bakaran bersama-sama tidak hanya menciptakan kehangatan di antara keluarga ataupun teman, tetapi juga dapat menjadi opsi hemat biaya, karena setiap orang dapat berkontribusi dalam menyediakan bahan makanan.

2. Roleplay

Roleplay merupakan sebuah kegiatan di mana seseorang berperan sebagai karakter lain, dapat menjadi pilihan menarik untuk meramaikan malam tahun baru. Terlibat dalam permainan ini akan membawa keseruan tersendiri, sambil memberikan ruang bagi kreativitas dan imajinasi untuk berkembang. Beberapa permainan roleplay yang populer di antaranya adalah Werewolf dan Dragon and Dungeons.

Dalam permainan roleplay, setiap peserta memiliki kesempatan untuk mengambil peran sebagai karakter yang berbeda. Werewolf, sebagai salah satu contoh, mengajak peserta untuk berperan sebagai manusia atau serigala dalam sebuah desa. 

Tujuan permainan ini adalah untuk mendeteksi siapa yang menjadi serigala dan melindungi desa atau sebaliknya. Sedangkan Dragon and Dungeons, permainan fantasi yang melibatkan dunia mitis, memberikan kebebasan bagi peserta untuk menjelajahi petualangan dan menghadapi tantangan.

Bermain roleplay tidak hanya menyenangkan tetapi juga dapat menjadi kegiatan keluarga yang seru. Interaksi antaranggota keluarga dan kerabat dalam permainan ini dapat memperkuat ikatan persaudaraan. Melalui peran yang diambil, setiap peserta dapat mengeksplorasi sisi kreatifitasnya dan melibatkan diri dalam narasi yang menarik.

Permainan roleplay juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk meningkatkan kemampuan sosial, seperti berkomunikasi, bekerja sama, dan pemecahan masalah. Selain itu, atmosfer yang diciptakan oleh permainan ini dapat menjadi cara yang unik dan menyenangkan untuk merayakan malam tahun baru bersama orang-orang terdekat.

Jadi jika kalian mencari cara baru untuk merayakan malam tahun baru bisa mencoba permainan roleplay menjadi opsi yang menarik. Bersama keluarga dan kerabat, nikmati keceriaan permainan dan jadikan malam tahun baru kalian penuh dengan tawa, interaksi, dan kenangan yang tak terlupakan.

3. Membuat Scrapbook

Jika tahun ini telah dipenuhi oleh berbagai kenangan berharga, kalian bisa mengabadikan 12 bulan terakhir dengan membuat scrapbook atau album foto. Kegiatan ini merupakan cara yang sangat baik untuk mengekspresikan kreativitas dan merenungkan semua momen istimewa yang telah kalian alami selama setahun terakhir.

Dengan menyusun scrapbook atau album foto, kalian dapat merangkai kembali beragam pengalaman dan peristiwa yang telah membentuk perjalanan hidup selama setahun ini. Menata foto-foto tersebut dengan cara yang kreatif akan memberikan sentuhan pribadi pada setiap halaman, menciptakan sebuah karya yang unik dan bermakna.

Scrapbook atau album foto dapat mencakup berbagai peristiwa, mulai dari momen kecil sehari-hari hingga peristiwa besar yang mungkin telah mengubah hidup.

Selain sebagai sarana mengenang, membuat scrapbook juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kalian dapat menggabungkan foto-foto dengan hiasan-hiasan lucu, catatan pribadi, atau bahkan menambahkan kutipan inspiratif yang mencerminkan semangat tahun yang telah berlalu.

Melibatkan keluarga dan teman dalam proses kreatif ini membuat kepuasan tersendiri melihat hasil akhir scrapbook atau album foto yang mencerminkan perjalanan emosional dan fisik bersama teman, keluarga, ataupun individu selama satu tahun terakhir. 

4. Nonton Film Bersama

Ada banyak film klasik yang selalu menawarkan hiburan menarik saat malam tahun baru tiba. Menonton bersama di rumah bisa menggunakan proyektor dan memilih film kesukaan lewat platfrom film online kesukaan bersama keluarga atau teman.

Jika bersama pasangan ciptakanlah suasana yang lebih romantis dan nyaman, dengan menambahkan sentuhan lilin yang lembut di sekitar ruangan. Dengan demikian, kalian bisa menikmati film-film favoritmu dalam suasana yang hangat dan menyenangkan. Sambil menonton, jangan lupa untuk menyediakan camilan dan minuman favorit untuk melengkapi pengalaman liburan yang akan selalu kamu kenang.

Dengan memadukan hiburan film klasik, suasana lilin yang tenang, dan hidangan lezat, malam tahun barumu akan menjadi momen yang istimewa dan penuh kenangan. Nikmati malam yang menyenangkan dengan cara yang unik dan kreatif bersama orang-orang tercinta.

5. Karaoke

Salah satu cara yang efektif untuk membuat waktu terasa menyenangkan dan tak terasa berlalu adalah dengan menyanyikan lagu-lagu favorit. Karaoke dapat memberikan kesenangan yang unik, baik saat dilakukan sendiri maupun bersama-sama dengan teman atau keluarga.

Pastikan memilih lagu-lagu yang seru dan penuh semangat agar suasana karaoke menjadi lebih meriah dan menghibur. Bisa menyanyikan lagu populer terkini atau memilih klasik yang disukai kalian atau keluarga yang terpenting adalah menikmati setiap momen dan melibatkan diri sepenuhnya.

6. Toples Memori

Sebuah ide yang mengasyikkan untuk merayakan malam tahun baru adalah dengan membuat "Toples Memori" yang akan menjadi sumber kenangan sepanjang tahun. Konsepnya sederhana, yakni dengan menghiasi sebuah toples khusus dan menyimpannya selama 12 bulan ke depan.

Setiap kali terjadi sesuatu yang istimewa atau berkesan, tulislah pengalaman tersebut di selembar kertas dan letakkan ke dalam toples. Kalian juga dapat menambahkan benda-benda kecil sebagai simbol momen tersebut, seperti potongan tiket bioskop atau tiket pesawat. Ide ini memungkinkanmu untuk menciptakan koleksi kenangan yang unik dan berwarna sepanjang tahun.

Ketika Malam Tahun Baru tahun berikutnya tiba, buka toples tersebut dan nikmati momen nostalgia sambil menyusuri kembali setiap kisah dan pengalaman yang telah terjadi dalam setahun terakhir.

7. Dekor Rumah

Merayakan pergantian tahun tidak akan lengkap tanpa sentuhan dekorasi berkilauan yang bisa menambah semarak suasana. Ciptakan kesan meriah di rumah dengan menambahkan dekorasi balon dan hiasan kertas sebagai bagian dari perayaan tahun baru.

Dekorasi yang disusun dengan kreativitas bisa menjadi latar belakang foto yang sempurna, terutama jika berencana untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga. Dengan sentuhan dekoratif ini, dijamin rumah akan terasa lebih hidup dan penuh semangat menyambut tahun yang baru.

Ajaklah keluarga untuk mendekorasi rumah agar membuat sentuhan kehangatan suasana tahun baru. Saat membeli dekorasi rumah ajak juga keluarga agar selera keluarga tertuang di dalam dekorasi. Bersama keluarga dalam mendekorasi rumah membuat kedekatan lebih erat dan membuat komunikasi lebih kuat. 

8. Tukar Kado

Untuk menambah keseruan acara bersama keluarga dan teman, kalian dapat menyelenggarakan kegiatan tukar kado. Tak perlu khawatir soal harga, karena aturannya dapat dibatasi dengan harga maksimal Rp 25.000 per orang. 

Dengan cara ini, setiap orang dapat berpartisipasi tanpa merasa memberatkan dan acara akan menjadi lebih menyenangkan dengan kejutan dari kado-kado yang diberikan. Terlebih dapat menjalin keeratan hubungan antar keluarga dan teman.

9. Masak Bersama

Malam pergantian tahun bisa menjadi momen yang tak terlupakan bagi mereka yang memiliki hobi memasak. Saatnya mencoba berbagai resep baru yang dapat menantang kreativitas dapur. Biarkan keluarga atau teman menikmati hasil kreasi masakan, memasak bersama dapat menciptakan suasana kebersamaan yang hangat. 

Menghidangkan makan malam lezat di rumah dengan menu seperti ayam panggang, daging bakar, dan berbagai lauk pauk yang menggugah selera. Dengan cara ini dapat menjadi alternatif yang ekonomis, selain makan bersama di restoran. Lebih dari sekadar sebuah hidangan suasana tersebut dapat menciptakan momen kebersamaan yang erat, mengukuhkan hubungan di antara keluarga dan teman-teman.

Dalam keseluruhan, merangkai kegiatan memasak, menyantap hidangan lezat, dan menciptakan momen kebersamaan ini menjadi satu kesatuan yang harmonis dan meriah. Semua ini dapat memberikan kesan yang mendalam dan berkesan di malam pergantian tahun, menandai awal dari petualangan baru yang penuh harapan dan kebahagiaan.

10. Bermain Games

Membuat acara perayaan tahun baru bersama keluarga dan teman menjadi lebih meriah, dapat mengadakan berbagai permainan seru. Terdapat banyak opsi permainan yang bisa dijajal, seperti scrabble, uno, monopoli, dan sebagainya. Bermain game bersama dapat menciptakan kehangatan, keharmonisan, dan keceriaan bersama teman atau keluarga.

Begitulah beberapa kegiatan yang menarik yang bisa dilakukan saat malam tahun baru di rumah bersama keluarga dan teman. Sudah menentukan pilihan yang mana? Selamat menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2024.

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat