visitaaponce.com

Niat Puasa Ayyamul Bidh Beserta Keutamaannya

Niat Puasa Ayyamul Bidh Beserta Keutamaannya
Ilustrasi.(Freepik.)

PUASA ayyamul bidh ialah puasa sunah yang dilakukan pada bulan purnama atau setiap 13, 14, dan 15 Hijriyah. Tahun ini, puasa ayyamul bidh pada bulan ini mulai pada Selasa, 26 Desember 2023. Pengerjaannya bisa ketiga tanggal itu dan boleh hanya dua hari atau satu hari.

Karena bersifat sunah, puasa ini bila dikerjakan akan mendapat pahala dan manfaat, sedangkan bila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Untuk mengetahui bacaan niat puasa ayyamul bidh, simak pembahasan di bawah ini.

Niat puasa ayyamul bidh 

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyaamil biidh lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat puasa ayyamul bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta'ala."

Baca juga: Kalender Puasa Sunnah 2024 Sepanjang Tahun

Niat puasa ini secara sunah dibaca menggunakan lisan bukan hanya di hati. Selain itu, niat puasa ini boleh dibaca waktu pagi hari sampai matahari berada di atas dengan syarat belum makan dan minum sejak matahari terbit. 

Keutamaan puasa ayyamul bidh 

1. Menghapus dosa kecil.

Bagi orang yang melaksanakan puasa ayyamul bidh, ini dapat menghapus dosa kecil selama sehari atau sebulan. Hal ini diperkuat oleh hadis riwayat Abu Daud dan Tirmidzi. 

Baca juga: Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Cek Jadwal di Sini

"Barangsiapa yang berpuasa tiga hari setiap bulan, puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun." (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

2. Meningkatkan ketakwaan. 

Puasa ini mengingatkan umat Islam untuk memperkuat ketakwaan serta kesadaran atas hadirnya Allah SWT dalam kehidupan manusia. Dengan melaksanakan ibadah sunah, umat Islam dapat semakin memperkuat iman dan ketakwaan di dalam dirinya. 

3. Pembersih jiwa dan tubuh. 

Dengan melakukan puasa sunah ayyamul bidh, mereka dapat mengontrol hawa nafsu dan juga meningkatkan kesabaran. 

Menjalankan puasa ayyamul bidh menjadi salah satu wujud ibadah yang sangat dihargai dalam ajaran Islam. Dengan patuh kepada petunjuk Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat merasakan manfaat rohaniah dan moral yang tinggi melalui pelaksanaan puasa ini.

Bagi umat Islam, pentingnya melaksanakan puasa ayyamul bidh dengan tulus, penuh keyakinan, dan kesungguhan ialah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan dimensi spiritual. Semoga puasa Ayyamul Bidh membawa keberkahan, keselamatan, dan kebahagiaan bagi seluruh umat Islam di penjuru dunia. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat