visitaaponce.com

Budidaya Maggot Bawa Intan Raih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Inovasi dan Teknologi

Budidaya Maggot Bawa Intan Raih Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang Inovasi dan Teknologi
Budidaya Maggot(Dok. Pribadi)

KEGIATAN menyusun skripsi untuk menyelesaikan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) membawa Intan Josefin Purba menemukan potensi dari budidaya maggot atau larva lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF) dalam pengelolaan limbah organik melalui metode inovatif.

Ia pun terus mengembangkannya, terutama di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, kota kelahirannya. Pada 2022, bersama KELOLA, Intan berhasil mengelola sampah organik di Kota Pematang Siantar dengan kapasitas mencapai 200-500 kilogram per hari menggunakan Maggot BSF.

Inovasi Intan diganjar penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan raihan gelar Juara I sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023.

Baca juga : Terpaksa Berhenti Sekolah, Petani Milenial asal Banjarnegara ini Kini Berpenghasilan di Atas UMR

“Tentunya saya sangat tidak menyangka bisa mendapatkan apresiasi dari pemerintah dalam karya saya. Tentu saya sangat senang dalam hal ini," ujarnya.

Penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional memotivasi Intan untuk terus berkarya. Intan mengungkapkan penghargaan dari Kemenpora telah memberikan inspirasi dan keinginan yang kuat baginya untuk bergabung dengan para pemangku kepentingan lainnya guna mengembangkan karyanya lebih jauh. 

Baca juga : Serukan Pengelolaan Sampah, Pemuda asal Sumbar Terus Edukasi soal Bank Sampah

“Terimakasih atas Kemenpora yang sudah memberikan kesempatan saya untuk tetap berkarya," kata Intan.

Penghargaan Pemuda Pelopor juga diharapkan menjadi dorongan bagi generasi muda untuk lebih berani, kreatif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Intan turut mengajak pemuda Indonesia untuk lebih aktif lagi dalam mengembangkan potensi diri untuk kedepannya 

“Pemuda Indonesia harus lebih aware lagi terhadap media sosial, karena Pemerintah sudah mewadahi kegiatan untuk pemuda agar bisa terus berkarya,” Ujarnya. (Z-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat