visitaaponce.com

Doa agar Hati dan Pikiran Tenang, Cara Menghilangkan Stress

Doa agar Hati dan Pikiran Tenang, Cara Menghilangkan Stress
Doa penyejuk hati ini dapat memberikan ketenangan jiwa dan pikiran.(Freepik)

KETIKA berada dalam situasi sulit dan penuh tekanan, umat Islam sering mencari cara untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan pikiran. Salah satu solusi yang diajarkan dalam Islam adalah dengan berdoa. Salah satu doa yang bisa dilantunkan adalah doa penyejuk hati. Doa ini menjadi sarana untuk mendapatkan ketenangan dan kebijaksanaan dalam menghadapi segala masalah kehidupan yang menerpa.

Dalam ajaran Islam, berdoa dianggap sebagai bentuk ikhtiar dan hubungan spiritual agar dekat dengan sang pencipta, Allah SWT. Selain itu, doa bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga ekspresi dari keimanan dan ketergantungan kepada Sang Pencipta. 

H M Amrin Ra'uf, melalui bukunya yang berjudul "Ampuhnya Fadhilah Dzikir & Doa Setelah Shalat Fardhu & Sunnah," menjelaskan doa memiliki dampak positif pada psikis seseorang.

Baca juga: Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

Saat seseorang merasa cemas, gelisah, atau sedang menghadapi banyak pikiran, membaca doa-doa yang terdapat dalam Al-Qur'an dan hadits dapat menjadi penenang yang efektif.

Menurut buku "Doa Zikir Mohon Perlindungan & Ketenangan Hati" susunan Darul Insan dan "Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur'an" oleh Eko Nani Fitriono, beberapa doa penenang hati dan pikiran yang dapat dipanjatkan oleh umat Islam melibatkan pengharapan kepada Allah SWT. Doa ini diyakini memiliki keutamaan dalam meredakan kegelisahan dan membawa ketenangan.

Baca juga: Istimewa! Ini Manfaat 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah Jika Dibaca Secara Rutin

Keutamaan berdoa saat merasa cemas dan galau diyakini dapat membawa ketenangan pada hati dan pikiran, serta membantu mencapai impian duniawi dan ukhrawi. Oleh karena itu, berdoa dianggap sebagai langkah penting untuk memperbaiki kondisi hati dan psikis manusia yang sedang mengalami kesulitan.

Doa menenangkan hati Arab, Latin, dan Arti

Di kutip dari buku "Doa Zikir Mohon Perlindungan & Ketenangan Hati" karya Darul Insan, berikut merupakan doa-doa yang bisa diucapkan untuk meredakan hati dan pikiran:

1. Doa Supaya Hati Tenang dan Dimudahkan Urusan

لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab latin: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

2. Doa Agar Hati Tenang dari Hal Buruk

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Arab latin: Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

3. Doa Kelapangan Hati

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Arab latin: Robbisrohlii sodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii'

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

4. Doa Agar Hati Menetapkan Hidayah

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Arab latin: Rabbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia)."

5. Doa Menerima Kesedihan

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Arab latin: Laa ilaaha illallahul 'adziim al haliim laa ilaaha illallah rabbul 'arsyil 'azhiim, laa ilaaha illallah rabbus samaawati wa rabbul ardli wa rabbul arsyil kariim

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) 'Arsy yang agung. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik 'Arsy yang mulia."

Cara menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi

Perasaan gelisah yang muncul dalam tubuh dapat menghambat aktivitas sehari-hari, seringkali memengaruhi pola tidur, nafsu makan, dan aspek lainnya. Sebaliknya, memiliki pikiran yang damai dapat membantu mencegah berbagai dampak negatif, seperti stres, gangguan mental, dan penurunan kesehatan fisik. 

Meskipun begitu, ada sejumlah orang yang mungkin belum familiar dengan metode untuk meredakan gelisah dan menenangkan pikiran. Jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara untuk mencapai ketenangan hati dan pikiran serta manfaat yang dapat diperoleh dari keadaan pikiran yang tenang.

Berikut adalah beberapa cara untuk menenangkan hati dan pikiran yang perlu diperhatikan:

1. Mengatur Pernapasan

Mengatasi rasa cemas dengan mengatur pernapasan. Tarik nafas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut secara berkala. Latihan sederhana ini dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak, membantu pikiran menjadi lebih tenang.

2. Mengalihkan Pikiran ke Hal Positif

Melakukan kegiatan olahraga ringan selama 15-30 menit dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yang meningkatkan suasana hati dan kontrol tidur. Aktivitas positif membantu mengalihkan pikiran dari kekhawatiran.

3. Liburan

Mengambil waktu untuk liburan atau melakukan kegiatan yang berbeda dari rutinitas sehari-hari dapat membantu menjernihkan pikiran, melepaskan ketegangan, dan mengurangi stres.

4. Meditasi

Melakukan meditasi selama satu hingga dua jam dapat menciptakan keseimbangan antara perasaan dan pikiran, membantu menenangkan pikiran yang gelisah.

5. Mensyukuri Semua Kondisi

Belajar mensyukuri setiap kondisi dapat membantu pikiran menjadi lebih siap dan menerima apa yang terjadi. Bersyukur atas hal-hal kecil dapat membawa perasaan kedamaian.

6. Fokus pada Saat Ini

Hindari terlalu fokus pada masa lalu atau masa depan. Fokus pada kegiatan saat ini, sentuh objek atau aktivitas yang sedang dilakukan untuk merasa lebih hadir dan tenang.

7. Batasi Aktivitas Online

Membatasi aktivitas online dapat mengurangi stres. Hindari informasi yang dapat mempengaruhi suasana hati negatif, dan berikan jeda dari dunia maya untuk menenangkan pikiran.

9. Berikan Reaksi yang Tepat

Kendalikan respon terhadap situasi yang tidak dapat dihindari. Evaluasi dan pilih respon yang tepat, seperti bersikap tenang di tengah situasi sulit, untuk menjaga ketenangan hati dan pikiran.

10. Lakukan Banyak Kegiatan

Aktivitas aktif yang sesuai dengan hobi, seperti berlari, senam, atau berkebun, dapat membantu mengalihkan pikiran dari pikiran negatif dan memberikan dampak positif pada kebahagiaan.

Nah, selain berdoa mendekatkan diri kepada tuhan, Anda juga bisa melakukan aktivitas yang mendukung serta menyehatkan pikiran Anda sepert cara-carai di atas. Dengan begitu, pikiran anda akan merasa lebih tenang serta damai dalam menjalani kehidupan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat