visitaaponce.com

Istimewa Ini Manfaat 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah Jika Dibaca Secara Rutin

Istimewa! Ini Manfaat 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah Jika Dibaca Secara Rutin
Manfaat membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah(freepik.com)

Manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah salah satunya adalah mendatangkan pahala. Bahkan, Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah ayat 285 dan ayat 286 setiap malam karena memiliki banyak keutamaan.

Ya, Al-Baqarah adalah nama surah kedua dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 286 ayat dan merupakan salah satu surah terpanjang dalam Al-Qur'an. 

Al-Baqarah memuat berbagai macam petunjuk, hukum, dan kisah-kisah yang penting dalam ajaran Islam, termasuk tentang keimanan, ibadah, hukum-hukum sosial dan syariat, ekonomi, politik, serta kisah-kisah nabi dan umat terdahulu. 

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 45: Minta Tolong dengan Sabar dan Salat

Dalam Surah Al-Baqarah, terdapat banyak ayat yang memiliki keistimewaan, di antaranya adalah Ayat Kursi (Surah Al-Baqarah ayat 255) dan 2 ayat terakhir Al-Baqarah.

Kita tentu sudah mengetahui keutamaan dari Ayat Kursi, lantas bagaimana keutamaan 2 ayat terakhir Al-Baqarah? Berikut ini penjelasan lengkapnya serta manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah.

Bacaan 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah

Dua ayat terakhir Al-Baqarah mengandung keistimewaan. Berikut ini bacaan 2 ayat terakhir Al-Baqarah, yakni ayat 285 dan ayat 286 lengkap dengan arab latin beserta artinya.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

Surah Al-Baqarah ayat 285

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ

Amanar-rasulu bima unzila ilahi mir rabbihi wal-minun, kullun amana billahi wa mala'ikatihi wa kutubihi wa rusulih, la nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qalu sami'na wa ata'na gufranaka rabbana wa ilaikal-masir.

Artinya: "Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang beriman. Semuanya berima kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya."

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

Mereka mengatakan: "Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya," dan mereka mengatakan "Kami dengar dan kami taat." Mereka berdoa, "Ampunilah kami ya Tuhan dan kepada Engkaulah tempat kembali."

Surah Al-Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

La yukallifullahu nafsan illa wus'aha, laha ma kasabat wa'alaiha maktasabat, rabbana la tu akhizna in nasina au akhta'na, rabbana wa la tahmil'alaina israng kama hamaltahu'alallazina ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa'fu 'anna, wagfir lana, war-hamna, anta maulana fansurna 'alal-qaumil-kafirin.

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 62 tentang Yahudi, Nasrani, dan Shabi'in

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya."

Mereka berdoa: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau membebankan kepada orang-orang sebelum kami."

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaf kami, ampuni kami, dan rahmati kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Baca juga : Kisah Nabi Yakub a.s. Lengkap dan Sejarahnya dengan Bani Israil

Manfaat 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah

1. Dilindungi dari Kejahatan, Penyakit, dan Gangguan Setan

Manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah adalah dilindungi dari kejahatan, penyakit, dan gangguan setan. Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadis.

Diriwayatkan dari Ni'man bin Basyir, Nabi Muhammad Saw bersabda,

Baca juga : Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 35 tentang Wasilah dan Tawasul

"Sesungguhnya Allah telah menulis kitab (Lauh Mahfuzh) dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi. Dia menurunkan dua ayat dari kitab tersebut yang menjadi akhir Surat Al-Baqarah dan tidaklah seseorang membacanya di dalam rumah selama tiga malam kecuali setan tidak akan memasukinya." (HR. Ahmad).

Selain itu, ada pula yang dikemukakan oleh Ibnu Mas'ud bahwasannya Nabi Muhammad Saw bersabda,

"Siapa saja yang membaca empat ayat pertama surat al-Baqarah, kemudian ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir surat al-Baqarah, maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita kecuali akan sadar (atas izin Allah),” (HR. Ad-Darimi).  

Baca juga : Tafsir Al-Fatihah Ayat 5 terkait Ibadah dan Meminta Pertolongan

2. Dibukanya Pintu Langit dan Dikabulkan Segala Permintaan

Selain dilindungi dari segala kejahatan, manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah jika kita membacanya secara rutin adalah dapat membuka pintu langit dan dikabulkannya segala permintaan kita.

Ibnu Abbas Ra berkata, "Ketika Jibril duduk bersama Nabi SAW, tiba-tiba terdengar suara benturan yang keras dari atas kepalanya. Kemudian Jibril berkata, 'Ini adalah suara pintu di langit yang belum pernah dibuka kecuali hari ini, kemudian turun melalui pintu itu malaikat yang belum pernah turun kecuali hari ini'."

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 256: Tidak Ada Paksaan dalam Agama

"Kemudian malaikat itu memberi salam dan berkata, 'Berilah kabar gembira dengan adanya dua cahaya yang keduanya diberikan kepada-Mu (Muhammad) dan belum pernah diberikan kepada seorang Nabi pun sebelum kamu, yaitu pembuka kitab (surah Al-Fatihah) dan penutup surah Al-Baqarah. Tidaklah kamu membaca satu huruf dari keduanya kecuali akan diberikan kepadamu (permintaanmu)'." (HR. Muslim).

3. Diberikan Kecukupan untuk Urusan Dunia dan Akhirat

Disebutkan dalam hadits dari Abu Mas’ud Al-Badri ra bahwasanya Nabi Muhammad Saw bersabda,

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 186 tentang Takwil Kedekatan Allah

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat ini, banyak ulama yang memiliki pendapat yang berbeda mengenai "kecukupan" dalam hadis tersebut.

Ada yang menyebutkan bahwa kecukupan tersebut bermakna rasa cukup untuk urusan dunia dan akhirat serta dijauhkan dari kejelekan, ada juga yang berpendapat bahwa mencukupkan dari salat malam. 

Baca juga : Arti Tafakur, Jenis, Cara, dan Manfaatnya untuk Umat Islam

Apapun pendapatnya, kita memahami bahwa manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah sangat baik untuk kita, baik untuk spiritual dan jasmaniah kita.

4. Diberikan Pahala

Seperti ibadah dan kebaikan lain pada umumnya, membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah tentu mendapat ganjaran berupa pahala dari Allah Swt.

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 115: Timur dan Barat Ciptaan Allah

Diriwayatkan oleh Abdur Razzaq, Rasulullah Swt bersabda,

“Siapa saja yang membaca akhir surat al-Baqarah pada suatu malam maka balasan membaca akhir surat itu akan mencukupkan untuknya pahala shalat malam pada malam tersebut.” 

Waktu Mustajab Membaca 2 Ayat Terakhir Al-Baqarah

Dalam berdoa, ada waktu mustajab agar doa yang dipanjatkan segera dikabulkan. Apabila merujuk hadis, waktu mustajab untuk membaca 2 ayat terakhir Al-Baqarah adalah pada malam hari.

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 286 tentang Usaha Manusia dan Takdir Allah

Kendati demikian, kita bisa membacanya di waktu mustajab lain dan berprasangka baik kepada Allah Swt bahwa semua doa kita akan dikabulkan di waktu yang tepat. 

Waktu mustajab dalam berdoa di antaranya adalah:

a. Di hari Jumat

Baca juga : Pengertian Istiqomah, Contoh, dan Cara Mengamalkannya

b. Saat berpuasa dan berbuka puasa

c. Setelah salat fardu

d. Saat hujan

Baca juga : Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

e. Waktu sepertiga malam terakhir

f. Di waktu antara azan dan iqamah

g. Saat sujud dalam salat

Baca juga : Lailatulkadar Terjadi Malam ini 29 Ramadan? Ini Dalil dan Pendapat Ulama

h. Pada malam Lailatul Qadar

i. Saat minum air zam-zam

Itulah manfaat 2 ayat terakhir Al-Baqarah apabila kita membaca secara rutin. 

Baca juga : Surat Al-Baqarah Berisi Perintah, Tata Cara dan Makna Puasa Ramadan

Nabi Muhammad Saw sendiri pun menganjurkan untuk membacanya karena banyaknya keutamaan dalam ayat tersebut.

Kita tentunya juga harus meresapi dan memahami arti dan makna dalam 2 ayat terakhir Al-Baqarah tersebut.

Semoga, ayat yang dibaca menjadi penambah keimanan dan membawa berkah dalam kehidupan sehari-hari. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sabrina Alisa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat