visitaaponce.com

Pangeran Brunei Nikahi Rakyat Jelata

Pangeran Brunei Nikahi Rakyat Jelata
Pangeran Brunei Darussalam Abdul Mateen akan menikahi tunangannya yang berasal dari rakyat jelata Anisha Rosnah.(AFP)

PANGERAN Brunei Darussalam Abdul Mateen akan menikahi tunangannya yang berasal dari rakyat jelata Anisha Rosnah, Kamis (11/1). Resepsinya akan menjadi yang termewah dan dilangsungkan selama 10 hari.

Pangeran berusia 32 tahun itu akan menikahi perempuan berusia 29 tahun dengan nuansa Islami di masjid berkubah emas di ibu kota Bandar Seri Begawan. Mateen adalah anak 10 Sultan Hassanal Bolkiah, raja yang paling lama memerintah di dunia dan pernah menjadi orang terkaya sejagat. Mempelai perempuannya merupakan cucu dari salah satu penasihat utama ayahnya dan memiliki merek fesyen dan bisnis pariwisata.

Puncak perayaan pernikahan keduanya akan dilaksanakan pada Minggu (14/1), di istana yang memiliki 1.788 kamar. Daftar tamunya diisi keluarga kerajaan dari seluruh pelosok dunia.

Baca juga: Film Gampang Cuan Segera Tayang di Malaysia, Brunei Darussalam. dan Singapura

“Ini seperti dongeng,” kata mahasiswi Brunei Syahida Wafa Mohamed Shah, 22, di dekat Masjid Omar Ali Saifuddien, tempat pernikahan keduanya akan dilangsungkan.

Banyak warga Brunei berencana untuk mengisi barisan di pinggir jalan yang akan dilalui Mateen dan Anisha pada Minggu (14/1). “Ini seperti di film,” kata warga Brunei, Nazatul Izzati Saifulrizal, 19.

Baca juga: Sambut Tahun Baru, Komunitas Wali Tuntaskan Touring Tiga Negara

Kekayaan yang Ekstrem

Kemegahan kerajaan mencerminkan kekayaan luar biasa negara kecil ini, yang hampir seluruhnya berasal dari cadangan minyak yang sangat besar. Negara ini berada di bawah kekuasaan Inggris pada abad ke-19 dan memperoleh kemerdekaan pada 1984.

Sebuah monarki absolut dengan hukum Islam yang ketat dan populasi hanya sekitar 450 orang, Brunei adalah salah satu negara terkaya di dunia.

PDB per kapita tahunannya mencapai US$36 ribu, menurut Dana Moneter Internasional. Namun, para analis telah memperingatkan Brunei menghadapi tantangan serius untuk mendiversifikasi perekonomiannya karena harga minyak mentah masih berfluktuasi dan cadangannya menyusut.

Meskipun Sultan Hassanal Bolkiah telah lama kehilangan gelar orang terkaya di dunia tetapi melegenda. Ia dilaporkan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah dan kediaman resminya di tepi sungai adalah salah satu istana terbesar di dunia.

Sementara Mateen kemungkinan besar tidak akan pernah naik takhta karena merupakan anak kesepuluh dari 12 bersaudara. Pilot helikopter di angkatan udara negaranya itu sering dibandingkan di media dengan Pangeran Harry dari Inggris.

Mateen lulus sebagai kadet perwira di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst dan mewakili negaranya dalam cabang polo di Asian Games Tenggara 2019. Dalam beberapa tahun terakhir, ia memainkan peran yang semakin besar dalam diplomasi internasional.

Sang pangeran menemani ayahnya ke penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada Mei tahun lalu, dan pemakaman Ratu Elizabeth pada 2022. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat