visitaaponce.com

Cakupan Imunisasi Sub PIN Polio Hari Kedua 27,1 Persen

Cakupan Imunisasi Sub PIN Polio Hari Kedua 27,1 Persen
Seorang anak menerima Sub PIN Polio, di Malang, Jawa Timur.(Antara)

CAKUPAN Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama di wilayah Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan DIY di hari kedua capai 27,1%.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan update cakupan Sub PIN putaran pertama per 16 Januari 2024 antara lain cakupan di Jawa Tengah sebanyak 1.460.624 anak atau 37,4%. Kemudian di Jawa Timur 2.108.537 atau sekitar 47,5% anak.

"Sementara di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 44.561 atau 29,7%," kata Nadia, Rabu (17/1).

Baca juga: Sub-PIN Polio di Klaten Menyasar 123.000 Anak

Adapun imunisasi yang diberikan yakni imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) menargetkan 8,4 juta anak berusia 0- 7 tahun. Rinciannya, Provinsi Jawa Timur sebanyak 4,4 juta anak, Provinsi Jawa Tengah 3,9 anak, dan Kabupaten Sleman sebanyak 149 ribu. Pelaksanaan Sub PIN akan dilaksanakan selama 1 pekan, diikuti sweeping selama 5 hari.

Berdasarkan data keamanan nOPV2 telah dikaji oleh Global Advisory Committee on Vaccine Safety (GACVS) dan Global Polio Eradication Initiative (GPEI).

Baca juga: Lingkungan Bersih Bisa Cegah Penyebaran Polio

"Ketiga provinsi telah mencapai target cakupan hari kedua atau baru 27,1%," ujarnya.

Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio.

Pemberian imunisasi tambahan juga dilakukan di Kabupaten Sleman DIY, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, lokasi ditemukannya kasus polio beberapa waktu lalu. Maxi meminta komitmen seluruh perangkat daerah dalam melaksanakan Sub PIN Polio.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat