visitaaponce.com

Target Sub PIN Polio Capai 95 Persen di Tiap Putaran

Target Sub PIN Polio Capai 95 Persen di Tiap Putaran
Vaksinasi Polio targetkan capai 95% tiap putaran(Antara)

TARGET cakupan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) optimis capai 95% di setiap putaran. Hal itu menyusul temuan 3 kasus polio di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Kita harus targetkan 95%. Seperti Pidie, Aceh dulu. Orang ragu bisa capai 95 persen, tapi mereka hampir seratus persen," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, Rabu (17/1).

Cakupan Sub PIN putaran pertama per 16 Januari 2024 antara lain cakupan di Jawa Tengah sebanyak 1.460.624 anak atau 37,4%. Kemudian di Jawa Timur 2.108.537 atau sekitar 47,5% anak. Sementara di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 44.561 29,7%.

Baca juga: Cakupan Imunisasi Sub PIN Polio Hari Kedua 27,1 Persen

"Jadi saya kira kalau (pelaksanaan imunisasi) polio untuk Jawa Tengah udah biasa. Jadi menurut kita nggak ada masalah Jawa Tengah. Namun Jawa Timur cuman khusus, mohon maaf itu di daerah Madura agak mungkin ada resisten. Upaya kita tentu dengan pemerintah daerah, jadi nggak mungkin kita sendiri," ujarnya.

Dihubungi terpisah Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan untuk mengatasi KLB polio yang terjadi maka penggalakkan vaksinasi dalam bentuk Outbreak Resonse Immunization (ORI) dan vaksinasi massal penduduk seperti Sub PIN.

"Selain itu bisa dilakukan surveilans, setidaknya dalam 2 bentuk yakni surveilan AFP (acute flaccid paralysis) untuk menemukan kemungkinan kasus dan surveilan lingkungan, untuk mencari VDPV di lingkungan, seperti yang pernal dilaporkan di Inggris walaupun tidak ada kasus pada manusia," ujar dia.

Baca juga: Sub PIN Polio Putaran Pertama Ditargetkan 8,4 Juta Anak

Kemudian dilaukan penanganan pasien yang ada dan dilakukan pengamatan lebih mendalam di berbagai daerah lain di Indonesia.

"Karena hal ini sudah ada laporan dari Sumatera dan Jawa, sehingga tentu bukan tidak mungkin juga di tempat lain dan di pulau lain," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat