visitaaponce.com

Senam Haji Indonesia, Ikhtiar untuk Jaga Ketahanan Fisik Jemaah Haji

Senam Haji Indonesia, Ikhtiar untuk Jaga Ketahanan Fisik Jemaah Haji
Perdokhi serahkan file Senam Haji Indonesia kepada Kemenag.(Kemenag)

Persatuan Dokter Haji Indonesia (Perdokhi) bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) merilis Senam Haji Indonesia. Olahraga itu ditujukan untuk menjaga kebugaran dan ketahanan fisik para jemaah haji.

Ketua Umum Perdokhi Syarief Hasan Lutfie mengungkapkan semua gerakan senam tersebut disusun berdasarkan kajian dan penelitian para pakar kesehatan. Debgab begitu, itu bisa diterapkan untuk semua jemaah haji Indonesia, termasuk lansia.

“Gerakan senam dan ritmenya dikaji secara medis sehingga memiliki low impact untuk semua umur dan kondisi, termasuk bagi pengguna kursi roda,” ujar Syarief melalui keterangan resmi, Rabu (24/1).

Ia meamstikan Perdokhi sebagai organisasi para dokter kesehatan haji memegang komitmen untuk melakukan berbagai inovasi demi memastikan penyelenggaraan ibadah haji semakin baik setaip tahunnya.

Baca juga: KPU Diminta Antisipasi Suara Para Jemaah Haji Jika Terjadi Pilpres Putaran Kedua

Sementara itu, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat menyambut baik inisiatif dan inovasi Perdokhi dalam memprakarsai Senam Haji Indonesia dan senam peregangan saat dalam penerbangan di pesawat.

“Senam ini akan menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menjaga istitha’ah kesehatan jemaah haji sehingga mereka memiliki kemampuan dan ketahanan fisik selama menjalankan ibadah,” tutur Arsad.

Baca juga: Kemenag Sebut 50% Calon Jemaah Haji Tahun Ini Sudah Penuhi Syarat Istitha’ah Kesehatan

Kasubdit Bimbingan Jemaah, Khalilurrahman menambahkan senam haji merupakan penyempurnaan dari rancangan awal. Senam itu akan dijadikan materi dalam bimbingan manasik haji di tingkat kabupaten/kota dan kecamatan nantinya.

“Kami akan manambahkan senam ini ke dalam silabus bimbingan manasik yang saat ini tengah kami susun untuk nanti diterbitkan dalam bentuk Kepdirjen Pedoman Bimbingan Manasik Haji,” tandas Khalilurrahman. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat