visitaaponce.com

KPU Diminta Antisipasi Suara Para Jemaah Haji Jika Terjadi Pilpres Putaran Kedua

KPU Diminta Antisipasi Suara Para Jemaah Haji Jika Terjadi Pilpres Putaran Kedua
Ilustrasi(Ilustrasi)

MENGANTISIPASI terjadi putaran kedua Pemilihan Presiden 2024, Anggota Komisi VII DPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus mulai memikirkan untuk memfasilitasi para pemilih yang berasal dari para jemaah haji yang kemungkinan besar sedang melakukan ibadah haji nantinya.

“Yang akan terjadi nanti haji kalau Pilpres sampai putaran kedua dan insyaallah akan sampai pada putaran kedua, maka jemaah haji sedang melaksanakan ibadah haji akan terjadi pilpres putaran kedua yaitu pada Juni 2024,” ungkapnya dilansir dari laman YouTube PKS.

Lebih lanjut, menurutnya saat ini KPU harus mulai memikirkan dan mempersiapkan dengan serius persoalan ini. Pasalnya jumlah jemaah haji tahun ini yang mencapai 241 ribu jemaah tidak boleh dihilangkan.

Baca juga : DPR Tepis Anggaran Pemilu Hanya Satu Putaran

“Yang harus dipersiapkan oleh KPU dan harus dikerjakan dengan serius adalah bagaimana mempersiapkan pemilihan umum presiden putaran kedua untuk jemaah haji yang sedang berada di tanah suci, di Makkah atau sekitar Masjidil Haram. Karena jumlah mereka sangat besar tidak kurang dari 241 ribu jemaah haji,” tegas Hidayat Nur Wahid.

“Tentu saja KPU harus mempersiapkan bagaimana hak kedaulatan rakyat para jemaah haji yang jumlahnya besar tersebut tidak hilang. Kalau itu dihilangkan tentu akan menjadi sebuah kezaliman dan menjadi penghilangan kedaulatan rakyat. Itu tidak boleh. Satu saja tidak boleh dihilangkan apalagi 240 ribu,” sambungnya.

Dia berharap, KPU dapat segera mempersiapkan bagaimana mengatasi masalah ini baik itu melalui kerja sama dengan KBRI di sana agar dapat tersiapkan tempat memilih bagi jemaah haji maupun meminta izin dari pihak Pemerintah Saudi Arabia. (Des/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat