visitaaponce.com

DPR Tepis Anggaran Pemilu Hanya Satu Putaran

DPR Tepis Anggaran Pemilu Hanya Satu Putaran
Ilustrasi Pemilu 2024(MI)

DEWAN Perwakilan Rakyat (DPR) bersama penyelenggara pemilu dan pemerintah sejak awal sudah menyepakati anggaran Pemilu 2024 senilai Rp76,6 triliun. Jumlah tersebut sudah termasuk anggaran untuk pelaksanaan pemilu putaran kedua.

Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustofa mengatakan anggaran untuk putaran kedua memang tidak dibahas dalam rapat kemarin bersama KPU, Bawaslu. Namun anggaran tersebut sudah siap dan akan diberikan saat ada kepastian terjadi putaran kedua pemilu 2024.

"Anggarannya sudah ada. Kemarin memang banyak anggota yang tanya tentang anggaran itu juga dan sudah dijelaskan anggaran itu sudah termasuk putaran kedua. Dari awal memang disepakati pemberiannya dilakukan bertahap karena kan putaran kedua secara faktual belum terjadi," jelasnya, Rabu (13/9).

Baca juga : Komisi II DPR Setujui Pagu Anggaran KPU dan Bawaslu Tahun Anggaran 2024

Anggaran tersebut akan secara otomatis masuk ke rekening KPU nantinya tanpa ada rapat-rapat lagi. Dia meminta publik jangan tergiring opini adanya desain agar pemilu hanya satu putaran.

"Sebenarnya seluruh anggaran untuk semua penyelenggara khususnya KPU sudah termasuk untuk putaran kedua. Cuma dilakukan bertahap karena belum dimunculkan. Begitu faktualnya terjadi anggaran itu otomatis masuk ke rekening KPU"

Baca juga : Bagi-Bagi Gocapan, Zulhas Dinilai Permalukan Penyelenggara Pemilu

Sebelumnya pemerintah disebut belum memastikan anggaran untuk pemilu putaran kedua. Hal ini membuat resah penyelenggara pemilu dan juga anggota fraksi di DPR yang memertanyakan keseriusan pemerintah. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat