visitaaponce.com

Logistik Pemilu 2024 Tahap Pertama Tiba di 16 Kabupaten NTT

Logistik Pemilu 2024 Tahap Pertama Tiba di 16 Kabupaten NTT
Ilustrasi(MI)

LOGISTIK pemilu tahap pertama sudah tiba di 16 dari 22 kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang. 

"Tahapan pertama sudah dimulai, ada yang masih proses produksi dan ada yang sudah distribusi ke kabupaten," kata Anggota KPU NTT Edy Diaz di Kupang, Rabu (1/11).

Edy menyebutkan distribusi langsung dari percetakan ke KPU kabupaten dan kota. Untuk tahap pertama, logistik yang didistribusikan terdiri dari bilik suara, tinta, kotak suara, segel, dan kabel ties pengaman kotak suara.

Baca juga : KPU NTT Masih Kekurangan Tinta, Segel dan Bilik Suara

Dari logistik tersebut, terbanyak adalah bilik suara sebanyak 53.280 buah, tinta 12.712 botol dan kotak suara 6.067 buah.

Pengiriman logistik tersebut berasal dari Jakarta, Tangerang dan Surabaya. Menurutnya, pengiriman logistik sepenuhnya tanggung jawab penyedia. Adapun KPU belum melakukan penyortiran terhadap logistik yang tiba. "Untuk pemeriksaan berapa yang rusak dan kurang, ada jadwalnya," kata dia.

Masa kampanye dimulai 28 November 2023

Anggota KPU NTT lainnya, Yosafat Koli mengatakan, KPU NTT akan menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Provinsi NTT pada 4 November 2023. Sedangkan masa kampanye mulai 28 November.

Baca juga : Pengaturan Jadwal Pemilu Dinilai Sulit Dipahami

Yosafat maupun Edy mengatakan, tidak masalah banyaknya poster dan baliho bakal caleg yang saat ini ditempatkan di sisi jalan raya. 

"Bisa dipandang sebagai bagian dari sosialisasi diri tetapi jangan memenuhi unsur-unsur kampanye seperti mengajak orang untuk mencoblos (sebelum masa kampanye)," kata Edy Diaz. 

Untuk diketahui, Pilpres 2024 dan pemilihan anggota legislatif akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Sedangkan, Pilkada 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Jadwal ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat