visitaaponce.com

Gelombang Tinggi Hambat Distribusi Logistik Pemilu ke Pulau Enggano Bengkulu

Gelombang Tinggi Hambat Distribusi Logistik Pemilu ke Pulau Enggano Bengkulu
Ilustrasi gelombang tinggi(Antara)

DISTRIBUSI logistik Pemilu 2024 ke Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, terkendala akibat gelombang tinggi.

Pendistribusian logistik Pemilu ke Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, terkendala akibat gelombang tinggi diperairan Samudera Hindia.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Rusman Sudarsono di Bengkulu, mengatakan, tingginya gelombang laut menuju Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, harus menunda mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke pulau terluar tersebut.

Baca juga : KPU Bengkulu Ultimatum Parpol yang Tidak Segera Laporkan Dana Kampanye Pemilu

"Pendistribusian logistik Pemilu belum dapat dilakukan karena terkendala gelombang tinggi dan pendistribusian dilaksanakan pada  Januari 2024 mendatang," katanya.

Saat ini, lanjut dia, untuk pendistribusian logistik terkendala cuaca dan logistik akan disalurkan pada Januari 2024 saat masuk musim hujan karena saat itu gelombang laut mulai normal.

Untuk menanggulangi tantangan dibeberapa tempat pemungutan suara (TPS) pada wilayah sulit dijangkau maka KPU akan mengunakan ketepatan momen di  mana pada saat musim hujan inilah kondisi perairan Enggano, stabil.

Baca juga : 5 TPS di Bengkulu akan Gelar PSU

Sesuai dengan perkiraan, pada  Januari itu musim hujan dan waktu yang tepat untuk menyeberangkan logistik.

"KPU telah berkoordinasi dengan TNI angkatan laut atau Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu, sudah siap mendistribusikan logistik Pemilu," imbuhnya.

Saat ini, kata dia, Lanal Bengkulu, telah menyatakan kesiapan untuk membantu dalam proses pendistribusian logistik.

Baca juga : Kapal Boat Pembawa Kotak Suara Pemilu 2024 Tertelungkup di Perairan Mentawai

Terlebih Lanal siap dari segi medan dan kesiapan kapal besar yang dapat menempuh potensi gelombang tinggi.

Selain itu, pendistribusian logistik Pemilu dibagi menjadi dua tahap untuk  10 zonasi atau yang tersebar di 10 kabupaten/kota.

KPU memastikan pendistribusian selesai hingga 100 persen mulai dari rekap jumlah kebutuhan kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan segel plastik yang telah didistribusikan ke gudang KPU disetiap kabupaten/kota  mencapai 100 persen. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat