visitaaponce.com

Jadwal Lengkap Siaran Debat Capres-cawapres

Jadwal Lengkap Siaran Debat Capres-cawapres
Pasangan calon presiden dan wakil presiden(MI / Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) akan memulai debat calon wakil presiden (cawapres) tepat pada pukul 19.00 WIB. Debat cawapres berlangsung di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/12). 

Ketiga cawapres wajib mengikuti debat yang masih menjadi rangkaian debat capres-cawapres. Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD ketiganya akan beradu gagasan berbagai isu yang telah diramu oleh para panelis.

Debat cawapres mengambil tema tentang Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Baca juga : Debat Cawapres, KPU Kaji Penambahan Durasi Closing Statement 

Total terdapat enam segmen debat dengan total durasi 120 menit. Pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Kemudian segmen 2, 3, 4, dan 5, masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah. Terakhir, pada segmen 6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.

"Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

KPU telah menunjuk Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat. Alfito adalah Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana adalah pembawa berita sekaligus produser Kompas TV.

Baca juga : Gara-Gara Gibran, KPU Minta Moderator Debat Klarifikasi Pertanyaan Singkatan

Debat cawapres berikutnya dijadwalkan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Tema yang akan dibahas meliputi Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa.

Berikut informasi jadwal lengkap debat capres dan cawapres : 

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023

Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Baca juga : KPU Bakal Evaluasi Moderator dan Pertanyaan Debat

Tayang: TVRI dan RRI

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023

Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Tayang: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

Baca juga : Gibran Akui Banyak yang Nyinyir Program Makan Siang Gratis

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024

Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Tayang: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024

Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Baca juga : Prabowo Minta Maaf Usai Debat, Anies: Boleh-boleh Saja

Tayang: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Tayang: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat