visitaaponce.com

Debat Cawapres, KPU Kaji Penambahan Durasi Closing Statement

Debat Cawapres, KPU Kaji Penambahan Durasi Closing Statement 
Tiga kandidat cawapres, Mahfud MD (kiri), Muhaimin Iskandar (tengah), dan Gibran Rakabuming Raka saat debat kedua, Minggu (21/1).(MI/Susanto)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menangkap aspirasi dari tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang menginginkan adanya perpanjangan durasi untuk segmen closing statement pada debat terakhir yang digelar khusus capres pada Minggu (4/2) mendatang.

Menurut anggota KPU RI August Mellaz, ada keinginan agar durasi closing statement yang pada empat debat edisi sebelumnya hanya dua menit disamakan dengan segmen pertama berisi pemaparan visi-misi dan program, yakni empa menit.

"Ada usulan bagaimana kalau kemudian ada penambahan khusus kalau segmen keenam atau closing statement yang sebelumnya durasi waktunya dua menit disamakan dengan penyampaian visi-misi 4 menit," ujar Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Baca juga : Debat Cawapres, Pengamat: Banyak yang Tak Dipahami Gibran

Mellaz mengatakan, saat ini usulan itu ditampung oleh KPU RI dan bakal dibicarakan di tingkat pimpinan KPU RI. Namun, pihaknya belum mengambil keputusan terkait hal itu. Apalagi, durasi keseluruhan debat sudah ditetapkan, yakni 150 menit yang mana 30 menitnya dipakai untuk iklan. "Tapi kami akan bicarakan (aspirasi) itu," tandas Mellaz.

Debat Capres 

Debat terakhir bakal diikuti oleh tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Prabowo bakal diberikan kesempatan pertama untuk memaparkan visi-misi dan program kerjanya, mengingat pada debat sebelumnya yang diberikan kesempatan pertama adalah cawapres nomor urut 01, yakni Muhaimin Iskandar.

Ketiga capres bakal berdebat soal tema besar kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM), dan iklusi. Adapun sub temanya dibagi menjadi enam, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, sertam kesejahteraan sosial dan inklusi.

Baca juga : Timnas AMIN Minta KPU Larang Pertanyaan Jebakan dalam Debat

Televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV, dan Net TV. Adapun dua moderator yang telah ditunjuk untuk memandu debat adalah pembawa berita dari TV One, yaitu Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat