visitaaponce.com

Transformasi Ekonomi Lingkungan Menatap Masa Depan Berkelanjutan Indonesia

Transformasi Ekonomi Lingkungan: Menatap Masa Depan Berkelanjutan Indonesia
Pentingnya transformasi ekonomi lingkungan di Indonesia menjadi fokus dalam kuliah umum yang dihadiri Menteri KLHK Siti Nurbaya(MI/Ramdani)

TRANSFORMASI ekonomi lingkungan merupakan hal yang wajib dijalankan semua pihak, karena perintah konstitusi Indonesia. Transformasi ini bagian dari dua prinsip dari ekonomi nasional.

"Ekonomi nasional ada dua prinsip, prinsip berkelanjutan dan wawansan lingkungan atau artinya transformasi menuju ekonomi hijau bukan perintah dari mana-mana tapi ada kesadaran dari kita," ujar Direktur Utama Media Indonesia dalam acara Kuliah Umum di Studio Grand, Jakarta Barat, Kamis (1/2). 

Kuliah umum Media Indonesia kali ini menghadirkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya

Baca juga : Menggali Potensi Transformasi Lingkungan dan Energi

Ekonomi hijau, lanjut Gaudensius, seharusnya menghadirkan manfaat kesetaraan. Dengan kesetaraan itu maka kehidupan bangsa dan negara akan adil dan makmur. 

Senada, CEO Media Group, Bapak Mohammad Mirdal Akib mengatakan masalah lingkungan bukan hanya masalah pemerintah semata. "Kita harus turun dan menjadi solusi bagi kita semua," ujar Mirdal. 

Mirdal mengatakan saat ini ada tiga krisis yang dihadapai. "Krisis lingkungan ada di depan mara tpi blum kita rasakan," ujarnya. 

Baca juga : Pertemuan APRFHE 2023 Bahas Masalah Kesehatan yang Dipicu Faktor Lingkungan

"Target pemerintah Net Zero Emission 2060 berkembang dengan Environmental Social Governance sistem sustainability kita sama-sama menuju ini, berkembang dengan monetisasi dengan karbon tadi. Ibu siti ini seakan akan  berjalan sendiri. Negara tropis tinggal sedikit."

"Kita bisa menurun kan isu ini dan menjadi life style isu lingkungan. Dan isu hijau menjadi tanggung jawab kita. People profil dan planet bisa kita sukseskan bersama," ujar Mirdal. (Z-3)

Baca juga : PROPER KLHK Raih TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat