visitaaponce.com

Keutamaan Surat Al-Waqiah, dari Keuntungan Duniawi hingga Kebahagiaan Akhirat

Keutamaan Surat Al-Waqiah, dari Keuntungan Duniawi hingga Kebahagiaan Akhirat
Al-Quran surat Al-Waqiah(Al-Quran)

SURAT Al-Waqiah, salah satu bagian dari Al-Quran, terdiri dari 96 ayat dan termasuk dalam juz 27. Terletak setelah Surat Al-Rahman, surat ini merupakan bagian dari surat-surat Makkiyah, yang turun di kota Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Surat Al-Waqiah membahas tema hari kiamat, pahala surga bagi yang taat kepada Allah, dan hukuman neraka bagi mereka yang durhaka. Selain itu, surat ini mengajarkan tentang bersyukur atas nikmat Allah, memberi motivasi untuk berbuat baik saat masih memiliki kesempatan untuk memijak bumi. Umat Muslim sering membacanya pada malam Jumat, diyakini memiliki sejumlah manfaat dan keutamaan.

Keutamaan Surat Al-Waqiah

Oleh karena itu, membaca dan mengamalkannya dengan penuh keyakinan dan keikhlasan sangat penting.

Baca juga : Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Mengamalkan surat Al-Waqiah dipercaya bisa menjauhkan kehidupan dari kemiskinan. Penjelasan dalil ini bisa dilihat pada hadis Rasulullah dan pendapat beberapa ulama. 

"Barang siapa membaca surah Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan mengalami kefakiran [kemelaratan]." Sebagaimana tertulis pada HR Al- Baihaqi.

Maka dari itu, mengamalkan Al-Waqiah dengan memaknai artinya disimpulkan dapat dijauhkan dari kemelaratan dan kemiskinan. 

Baca juga : Sulit Punya Usaha, Pekerjaan, Rumah? Habib Luthfi Ijazahkan Amalan Ini

2. Mendatangkan Keberkahan dan Membuka Pintu Rezeki 

Di antara keutamaan Surat Al-Waqiah adalah membuka pintu rezeki yang tidak terduga dan melimpah. Surah Al-Waqiah juga dipercaya dapat membuka pintu rezeki.

Tak hanya menjauhkan dari kemiskinan, surat ini juga membuka jalur rezeki yang tak tertebak. Orang yang membaca dan mengimani surat Al-Waqiah dipercaya akan melimpah rezekinya. 

"Ajarkan surah Al-Waqiah kepada istri-istrimu, karena sesungguhnya Al-Waqiah merupakan surat kekayaan." Sebagaimana tertulis dalam HR Ibnu Ad.

Baca juga : Dua Zikir Penolak Kefakiran dan Kesempitan Rezeki dari KH Miftachul Akhyar

Maka, tak heran jika banyak orang memanjatkan doa dengan membaca surat ini secara rutin supaya terus diberikan jalan rezeki.

3. Membuka pintu kebahagiaan di dunia dan akhirat 

Kebahagiaan tentu saja tidak selalu tentang kehidupan di bumi, tetapi juga di akhirat. Jika tadi sudah berbicara tentang keberkahan dan rezeki di subia, Surah Al-Waqiah pun juga berbicara soal surga.

Dalil ini diungkap oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) yang mengatakan "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Baca juga : Bacaan Doa Dzikir Pagi, Amalkan Setiap Hari untuk Datangkan Rezeki

Maka dari itu, surah Al-Waqiah sangat pas untuk para umat yang rindu sifat-sifat surgawi di tengah kehidupan dunia. 

Mendatangkan kedamaian dan ketenangan hati

Selain kekayaan materi, surah Al-Waqiah juga tentunya membantu pembacanya tenang dan meraih kedamaian hati. 

Baca juga : Penurunan Kemiskinan Berjalan Lambat, Target Zero Poverty Sulit Dicapai

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

Maka dari itu, surat Al-Waqiah dipercaya bisa menghilangkan rasa takut dan kecemasan, hingga memperoleh ketenangan batin. 

Amalan-Amalan Surah Al-Waqiah

Keutamaan dari surah Al-Waqiah bisa dicapai dengan melakukan amalan-amalannya. Dalam buku berjudul Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah yang terbit pada 2020, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan, sebagai berikut: 

Baca juga : Harga Beras Mahal, Warga Depok Beralih ke Singkong

1. Amalan untuk Terkabulnya Keinginan 

Semua orang yang hidup di bumi ini memiliki keinginan dan kebutuhannya masing-masing. Jika kamu memiliki keinginan yang belum terkabulkan, kamu bisa melakukan amalan ini dengan membaca surah Al-Waqiah.

Siapa yang tak ingin keinginan dan kebutuhannya terkabul? Semua makhluk di atas bumi tentu saja ingin dikabulkan keinginannya. Maka dari itu, seseorang bisa melakukan amalan dengan membaca surah Al-Waqiah, jika masih menyimpan keinginan yang belum terkabul. Yaitu, membaca 41 kali surat Al-Waqiah dalam sekali duduk. 

2. Amalan untuk Mempermudah Karier 

Amalan yang wajib dilakukan untuk seseorang yang ingin perjalanan karirnya dimudahkan, adalah membaca surah Al-Waqiah satu kali setiap malam.

Baca juga : Pemkot Palangka Raya Lakukan Pemetaan Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

Tidak hanya membaca kata-kata, tetapi juga melakukannya dengan ikhlas. Berdoalah sungguh-sungguh dan maknai setiap ayat yang dibaca dengan khusyuk.

3. Amalan Untuk Membuka Pintu Rezeki 

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, surah Al-Waqiah dipercaya dapat membuka pintu rezeki. Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan jika seseorang ingin memperoleh rezeki dan keberkahan, yakni: 

Berpuasa selama seminggu yang dimulai pada hari Jumat; Membaca surat Al-Waqiah setiap sudah selesai menunaikan sholat Fardhu; Membacanya sebanyak 25 kali; Baca surah Al-Waqiah sebanyak 25 kali setelah selesai sholat Maghrib dan baca sebanyak 125 kali setelah selesai sholat Isya' pada malam Jum'at minggu berikutnya; Kemudian baca sholawat "shallallahu 'alaihi wa sallam" sebanyak 1000 kali; Memperbanyak sedekah; Dan yang terakhir, baca surat Al-Waqiah setiap pagi dan malam;

Baca juga : Hati-Hati Orang Miskin Bertambah

4. Amalan Agar Diberi Kemudahan

Surah Al-Waqiah juga dipercaya bisa mempermudah roh keluar dari jasad jika dibaca di sisi orang yang sedang bergumul dengan sakaratul maut. Sementara itu, surah ini juga bisa meringankan segala sakit-penyakit yang sedang diderita, jika dibacakan untuk orang sakit.

Jika dibacakan kepada orang yang hendak melahirkan, surah Al-Waqiah dapat melancarkan segala proses persalinan.

5. Amalan Untuk Lancar Berniaga

Untuk berniaga, Surah Al-Waqiah dapat melancarkan laba bagi para pedagang. Maka dari itu, para pebisnis maupun pedagang perlu melakukan amalan sebagai berikut: 

Baca juga : Sambut Ramadan, LSM Penjara 1 Distribusikan Mushaf Al-Qur’an

- Baca surah Al-Waqiah setelah melakukan sholat Ashar.

- Baca sebanyak 14 kali.

- Harus dilakukan dengan ikhlas dan niat mengharap ridha Allah SWT.

Baca juga : 1,52% Keluarga Miskin Ekstrem Naik ke Desil 2

Berdoa Setelah Membaca Surah Al-Waqiah

Setelah mengamalkan hal-hal di atas, akan lebih baik apabila ditutup dengan membaca doa. Doa ini berasal dari kitab doanya:

Setelah mengetahui keutamaan dan amalan dari surat Al-Waqiah, akan lebih berkah jika ditutup dengan membaca doa yang berasal dari kitab Khulashoh Nabawiy, sebagai berikut: 

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثاء) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Baca juga : Benyamin Davnie Buka MTQ ke-XV Tingkat Tangsel

 

Dalam huruf latin: Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'tho na wa nubtala bi zammi man man ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i. Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamarrohimin wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Dalam bahasa Indonesia: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Baca juga : Beras Langka, Organisasi Pengabdian Bagikan Ribuan Nasi Kotak

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Doa lain dari surat Al-Waqiah:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Dalam huruf latin: Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi'ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal 'aalamiin.

Dalam bahasa Indonesia: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal 'alamin." (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat