visitaaponce.com

Harga Beras Mahal, Warga Depok Beralih ke Singkong

Harga Beras Mahal, Warga Depok Beralih ke Singkong
Warga membeli Beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ukuran 5 kilogram yang dijual Rp53 ribu per kantong.(MI/Ramdani)

BANYAK keluarga di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), terpaksa mengonsumsi singkong akibat mahalnya harga beras. Keluarga yang mengonsumsi singkong salah satunya keluarga Muhidin, 64. 

"Keluarga saya telah kembali ke zaman dulu makan singkong akibat harga beras sangat mencekik leher," kata Muhidin," Rabu (28/2/2024). Muhidin mengaku tidak punya pekerjaan tetap menjadikan keluarga ini hidup di bawah garis kemiskinan.

"Pekerjaan saya cuma kuli serabutan seperti kocok semen kalau ada warga bangun rumah sehingga kadang tidak kasih uang ke istri," katanya. Mahalnya harga beras dirasa sangat memberatkan pasangan suami istri Muhidin dan Siti Komsiah, 60.

Baca juga : Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Beras di Cianjur belum Turun

Keluarga itu ialah potret keluarga miskin yang tinggal di rumah sempit di bantaran kali RT 002 RW 07 Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya. Bagi keluarga Muhidin, kenaikan harga beras Rp1.000 saja dirasa sangat berat. Akibatnya, keluarga ini tidak mampu membeli beras tiap hari.

Untuk menyiasati mahalnya harga beras tersebut, keluarga Muhidin beralih mengonsumsi singkong atau ubi sebagai makanan pokok pengganti beras. Muhidin mempercayakan istrinya guna mengolah singkong jadi makanan pokok. 

Jika dirasa singkong membuat bosan dikonsumsi, Siti Komsiah kadang mengolah jagung atau umbi-umbian lain untuk dijadikan menu utama keluarganya. Proses singkong sebagai pengganti nasi diolah Siti Komsiah dengan sederhana. Pembelian singkong di pasar tak jauh dari rumahnya. 

Baca juga : Harga Beras di Depok Terus Naik, Pedagang dan Konsumen Menjerit

Kemudian singkong dibersihkan lalu dikukus di atas tungku yang apinya dari kayu bakar. "Setelah matang, singkong dimakan bersama-sama tanpa lauk pauk tambahan lain," ucap Muhidin.

Rasa singkong rebus, sambung Muhidin, tentu tidak senikmat nasi. Namun, bagi keluarga ini rasa enak tidak lagi dipikirkan yang penting mereka bisa bertahan hidup. "Bagi kami terpenting perut terisi. Meski hidup di garis kemiskinan, kami tidak sampai mengemis," tutur dia.

Ketua RT 002 RW 07 Kelurahan Cisalak, Entjep Suherman, mengaku banyak warga yang menjerit karena mahalnya harga beras dan komoditas lain. "Banyak warga saya minta tolong agar wakil rakyat (DPRD) mendesak Wali Kota Depok Muhammad Idris menurunkan harga beras yang kian melangit," kata Entjep.

Kenaikan harga beras ini dirasakan sangat memukul masyarakat Kota Depok, khususnya warga RT 002 RW 07 Kelurahan Cisalak. Menurut Entjep, sekarang beras termurah dengan ukuran 1 kilogram di pasar seharga Rp15 ribu dan diecer di kampung-kampung Rp17 ribu per kilogram.

Sebelumnya, harga beras paling murah kualitas medium dengan ukuran 1 kilogram senilai Rp10 ribu. Meski mengalami kenaikan, masyarakat tetap membeli karena beras termasuk kebutuhan pokok. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat