visitaaponce.com

Sambut Ramadan, LSM Penjara 1 Distribusikan Mushaf Al-Quran

Sambut Ramadan, LSM Penjara 1 Distribusikan Mushaf Al-Qur’an
Ilustrasi(HO)

DALAM rangka menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024, LSM Penjara 1 akan membagikan mushaf Al-Qur’an terjemah ke 69 masjid di delapan kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, DIY. Selain itu, juga diberikan bantuan kepada modin (marbut) di wilayah Gunung Kidul.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program tahunan LSM Penjara 1 yang akan berlangsung pada 16-21 Maret 2024. Program in merupakan bentuk aksi sosial kepedulian terhadap kebutuhan spiritual masyarakat.

Khaedor Jonsen, selaku koordinator kegiatan mengatakan kegiatan ini diinisiasi berdasarkan observasi LSM Penjara 1 terhadap tingginya minat masyarakat Gunungkidul dalam mempelajari dan memahami ajaran Islam melalui Al-Qur’an, khususnya di kalangan masjid yang belum memiliki mushaf Al-Qur’an terjemah. "Dengan bantuan ini, diharapkan jamaah masjid dapat lebih mudah melakukan tadarus, khatam Al-Qur’an, dan memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an dalam bahasa Indonesia," jelasnya.

Baca juga : Baznas Salurkan Beasiswa dan Paket Logistik Keluarga di Yogyakarta

Delapan kecamatan yang menjadi fokus distribusi bantuan tahun ini adalah Karangmojo, Gedangsari, Panggang, Ngawen, Saptosari, Semanu, Tanjungsari, dan Tepus. Kegiatan distribusi mushaf Al-Qur'an ini akan melibatkan lebih dari 40 aktivis LSM Penjara 1.

"Kami bertekad untuk memberikan dampak berarti melalui pendistribusian bantuan kepada 69 masjid. Ini bukan hanya tentang pembagian fisik, tapi juga tentang menyebarkan nilai-nilai keagamaan dan kepedulian sosial," ujar Khaedor Jonsen.

"Program ini juga mendukung konsep amal jariyah, dimana pemberian mushaf Al-Qur’an dan buku agama diharapkan akan menjadi sumber ilmu yang terus menerus mengalirkan pahala bagi para pewakafnya, bahkan setelah mereka meninggal dunia," imbuhnya. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat