visitaaponce.com

Cholil Nafis Sidang Isbat untuk Menentukan Awal Ramadan

Cholil Nafis: Sidang Isbat untuk Menentukan Awal Ramadan
Sidang Isbat(Ilustrasi)

CHOLIL Nafis Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, menyoroti signifikansi dari pelaksanaan Sidang Isbat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Menurutnya, sidang ini memberikan kepastian waktu kepada masyarakat yang bergantung pada keputusan pemerintah.

Dalam pernyataannya di Jakarta pada hari Minggu, Cholil menjelaskan, "Ada orang yang tidak terafiliasi dengan NU, Muhammadiyah, atau organisasi lainnya, dan mereka menantikan keputusan dari pemerintah. Oleh karena itu, menunggu hasil Sidang Isbat dari pemerintah memiliki kepentingan yang besar."

Pernyataan Cholil ini merespons usulan Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, yang mengusulkan penundaan Sidang Isbat karena Idulfitri diperkirakan akan bersamaan.

Baca juga : Awal Ramadan 2024 Diprediksi Berbeda, Idul Fitri Bagaimana?

Menurut Cholil, Sidang Isbat bukan hanya penentu awal Ramadan, tetapi juga menjadi sarana syiar bagi umat Islam bahwa bulan Ramadhan telah tiba, yang selalu dinantikan dengan penuh kegembiraan.

"Sidang Isbat juga menjadi wadah silaturahim antara ulama, legislator, ahli astronomi, hingga perwakilan dari negara-negara sahabat. Oleh karena itu, saya masih menganggap Sidang Isbat memiliki relevansi yang signifikan," ujar Cholil.

Mengenai potensi perbedaan awal Ramadan antara Pemerintah dan Muhammadiyah, Cholil mendorong agar perbedaan tersebut tidak merusak kekhusyukan ibadah. Ia menyatakan, "Perbedaan ini seharusnya dijadikan sarana untuk mendalami ilmu agama. Perbedaan bukanlah bencana, melainkan rahmat."

Cholil juga mengajak umat untuk meningkatkan amal shaleh sebagai bentuk mewujudkan Ramadan yang bermakna. "Allah memberi kita kesempatan untuk hidup di bulan Ramadhan ini dan mengejar pengampunan-Nya. Di hari kiamat, jika kita tidak diampuni, dosa kita mungkin lebih banyak daripada pahala yang telah kita kumpulkan," tambahnya. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat