visitaaponce.com

Hari Raya Idul Fitri Ditetapkan Besok, Rabu 10 April 2024

Hari Raya Idul Fitri Ditetapkan Besok, Rabu 10 April 2024
Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah ditetapkan Rabu 10 Aril 2024(Medcom/Kautsar Widya Prabowo)

Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah atau hari raya Idul Fitri 2024 akan jatuh pada hari Rabu (10/4). Keputusan ini diambil dalam sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada hari Selasa (9/4).

“Berdasarkan perhitungan posisi hilal di wilayah Indonesia yang telah memenuhi kriteria Mabims, serta adanya laporan hilal yang terlihat, kami sepakat bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu 10 April 2024,” kata Yaqut.

Sebelum sidang isbat dimulai, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama RI, Cecep Nurwendaya, telah menjelaskan tentang posisi hilal. Hilal hari ini telah memenuhi kriteria Imkanur Rukyat Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mensyaratkan visibilitas hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat.

Baca juga : Posisi Hilal di Aceh Memenuhi Kriteria, Hari Raya Idul Fitri 10 April

Data posisi hilal hari ini di seluruh Indonesia menunjukkan ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,71 menit hingga 7 derajat 37,84 menit, dengan sudut elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 menit hingga 10 derajat 12,94 menit.

Menag menjelaskan bahwa data ini merupakan hasil perhitungan matematis astronomis yang telah dikumpulkan oleh Kementerian Agama melalui Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kementerian Agama juga telah melakukan rukyatul hilal di beberapa lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Pada hari Selasa (9/3), informasi hasil hisab telah dikonfirmasi dengan laporan rukiyat dari petugas Kementerian Agama di berbagai lokasi rukiyat di Indonesia.

Baca juga : Kemenag Aceh Pantau Hilal di 6 Lokasi

Setelah itu, laporan-laporan rukyatul hilal ini telah dibawa ke dalam sidang dan dimusyawarahkan oleh para ulama, tokoh masyarakat, pakar falak dan astronomi.

“Forum sidang mencapai kesepakatan bahwa laporan rukyat sesuai dengan data hisab yang telah dihitung dan sesuai dengan kriteria Imkanur Rukyat Mabims,” kata Menag.

Menag berharap bahwa dengan hasil isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idul Fitri dengan sukacita. “Semoga keputusan ini menunjukkan kesatuan umat Islam di Indonesia dalam menjalankan ibadah dan dalam berpartisipasi dalam kegiatan sosial di bawah naungan negara yang sama,” katanya.

Baca juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah, Saksikan lewat Link Live Streaming Berikut!

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu 10 April 2024. Keputusan ini berdasarkan pada Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, menyatakan harapannya untuk adanya satu kalender Hijriyah global di masa depan.

“Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT) ini, jika diberlakukan secara global, akan menghindarkan perbedaan penetapan bulan-bulan krusial seperti Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah,” jelas Haedar.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat