visitaaponce.com

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah, Saksikan lewat Link Live Streaming Berikut

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah, Saksikan lewat Link Live Streaming Berikut!
Sidang isbat penentuan 1 syawal 1445 hijriyah(Medcom/Kautsar Widya Prabowo)

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah. Masyarakat dapat mengakses link live streaming Sidang Isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal yang telah disiapkan.

Sidang Isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenang, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (9/4) sore ini.

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki memprediksi bahwa Idul Fitri akan serentak dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Syawal pada 10 April 2024. Muhammadiyah menggunakan metode Wujudul Hilal untuk memutuskan awal bulan Hijriah.

Baca juga : Kemenag Aceh Pantau Hilal di 6 Lokasi

Berikut ini daftar link live streaming Sidang Isbat Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H:

  1. Youtube Kemenag RI: #
  2. Fanpage Kemenag RI: #
  3. Instagram Kemenag RI: #

Sebelumnya diberitakan, Kemenag memastikan posisi hilal awal bulan Syawal 1445 Hijriah (H) sudah terlihat. Hal ini disampaikan dalam seminar posisi hilal di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag, Selasa (9/4).

"Tinggi hilal 6,15 derajat sudah cukup tinggi," ujar anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya.

Baca juga : Posisi Hilal di Aceh Memenuhi Kriteria, Hari Raya Idul Fitri 10 April

Cecep menjelaskan berdasarkan pantauan astronomis, posisi hilal pada sore ini, sudah memenuhi kriteria baru hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

Ketentuan MABIMS menetapkan ketinggian hilal ditetapkan 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Sehingga awal 1 Syawal 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

Hilal, menurut Cecep sudah dapat teramati dalam beberapa wilayah di Indonesia. Cecep mengungkapkan hilal sudah masuk 4,88 derajat di Merauke, Papua, sementara di Sabang 7,63 derajat.

"10 wilayah Indonesia sudah di atas kriteria MABIMS yakni 3 derajat. Itu sudah bisa dikatakan masuk kriteria. Seluruh wilayah NKRI memenuhi kriteria MABIMS," kata Cecep.

Namun, Cecep menyebut bahwa pemerintah akan mengumumkan penetapan 1 Syawal 1445 Hijirah melalui sidang isbat. Kemudian akan digelar konferensi pers pada pukul 19.05 WIB. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat