visitaaponce.com

Kemenag Aceh Pantau Hilal di 6 Lokasi

Kemenag Aceh Pantau Hilal di 6 Lokasi
Pemantauan hilal di Aceh(Medcom.id/Fajri Fatmawati)

KANWIL Kemenag Aceh melaksanakan rukyatul hilal di 6 lokasi yang berbeda pada Selasa (9/4) Pengamatan ini dilakukan untuk menentukan awal bulan Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri.

Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, mengatakan rukyatul hilal dipusatkan di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh.

"Selain itu, terdapat 5 lokasi lain yang dijadikan titik pengamatan," kata Alfirdaus, Selasa, 9 April 2024.

Kelima lokasi tersebut yakni, Tugu 0 KM Kota Sabang, Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas Lhokseumawe, Pantai Lhokgeulumpang Setia Bakti Aceh Jaya, POB Suak Geudubang Aceh Barat dan Pantai Nancala Teupah Barat Simeulue.

"Kita telah melakukan persiapan untuk rukyatul hilal. Peralatan seperti teleskop dan kamera digital telah disiapkan untuk membantu proses pengamatan," ujarnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti BMKG dan Pemerintah Aceh, untuk memastikan kelancaran rukyatul hilal.

"Hasil rukyatul hilal di Aceh nanti akan disampaikan kepada Menteri Agama RI untuk dibahas dalam sidang isbat penentuan awal Syawal 1445 Hijriah," jelasnya. (Z-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat