visitaaponce.com

Bahaya Produk Kecantikan Ini tidak Boleh Digunakan Ibu Hamil

Bahaya! Produk Kecantikan Ini tidak Boleh Digunakan Ibu Hamil
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Dokter estetika dan edukator kecantikan Abelina D. Fitria meminta para ibu hamil untuk menghindari produk-produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan diri maupun janin. Produk-produk yang dimaksud adalah yang mengandung retinoid atau hydroquinone.

"Itu penekanannya lebih ke mempengaruhi janin yang masih berkembang. Misalnya, retinoid yang diminum, itu bisa menghambat pertumbuhan janin," ujar Abelina di Jakarta, Rabu (13/3).

Ia juga mengatakan produk yang mengandung hydroquinone, yang biasanya ada pada produk pemutih kulit, juga tidak boleh digunakan oleh ibu hamil.

Baca juga : QNET Luncurkan Dua Produk Perawatan Tubuh Khusus Pria

"Kandungan-kandungan yang masih abu-abu seperti retinol, glycolic acid, atau acid-acid yang lain itu masih abu-abu. Kalau untuk amannya, ya bagusnya tidak boleh. Penelitiannya masih kurang banyak, jadi lebih baik jangan dipakai," jelasnya.

Abelina menyarankan perempuan yang sedang hamil atau menyusui berkonsultasi dengan dokter dalam menggunakan produk-produk kecantikan.

"Kalau  retinoid sama acid-acid itu dia kadang-kadang boleh, kadang-kadang tidak. Tergantung dokternya. Cuma kalau ibu menyusui boleh, kalau ibu hamil tidak boleh," imbuhnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat