visitaaponce.com

Menag Yaqut Cholil Qoumas Sebut Muhammadiyah Dulu Pengusung Sidang Isbat

Menag Yaqut Cholil Qoumas Sebut Muhammadiyah Dulu Pengusung Sidang Isbat
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan usulan sidang isbat berasal dari Muhammadiyah sebagai rekonsiliasi perbedaan penetapan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. Hal ini merespon usulan Muhammadiyah untuk meniadakan sidang isbat. 

"Sidang isbat ini dulu ada karena salah satunya adalah usulan dari saudara-saudara kita Muhammadiyah, ya, untuk merekonsiliasi perbedaan-perbedaan yang mungkin terjadi dalam penetapan tiga tadi," kata Yaqut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3).

Yaqut mengatakan perbedaan ekspresi keagamaan perlu ditengahi. Salah satunya melalui sidang isbat tersebut.

Baca juga : Menag Yaqut Tetapkan 1 Ramadan 2024 Selasa 12 Maret

"Maka ada sidang isbat sebagai salah satu cara untuk menengahi segala perbedaan yang terjadi dan itu bagus," ucap Yaqut.

Dia juga merespons soal penghematan dari penyelenggaraan sidang isbat. Yaqut mengatakan dari segi anggaran tidak terlalu besar dan tak perlu dipersoalkan demi mendamaikan perbedaan.

"Seberapa besar sih yg digunakan utk sidang isbat, kalau dikatakan besar, disebut nilainya nggak, apalah itu nilai yang dikeluarkan dalam sidang isbat itu worth it atau tidak sih dengan usaha untuk memperdamaikan perbedaan yang ada, tidak menyamakan loh ya, memperdamaikan perbedaa-perbedaan yang mungkin muncul, menurut saya worth it," ucap Yaqut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat