visitaaponce.com

Imunisasi HPV Buat Dana BPJS Kesehatan Lebih Hemat

Imunisasi HPV Buat Dana BPJS Kesehatan Lebih Hemat
Ilustrasi imunisasi(Antara)

IMUNISASI Human Papillomavirus (HPV) yang diberikan kepada remaja untuk mencegah kanker di area kelamin dan organ reproduksi akan memberikan penghematan biaya dibandingkan dengan perawatan ketika sudah terinfeksi.

"Studi vaksin HPV menemukan bahwa tidak ada efek samping serius yang dilaporkan. Selain itu, vaksinasi HPV menawarkan strategi yang hemat biaya untuk mencegah kematian dan morbiditas yang dapat disebabkan oleh HPV," kata Kepala Satuan Tugas Imunisasi IDAI Hartono Gunardi, Senin (25/3).

Imunisasi HPV telah dilakukan pada sistem kesehatan yang ada. Meskipun hasil validasi data menunjukkan bahwa survei cakupan Imunisasi HPV2 tinggi, namun jumlahnya tidak merata di seluruh provinsi di Indonesia dan keengganan terhadap vaksin HPV tetap menjadi tantangan.

Baca juga : Vaksin HPV Paling Optimal Diberikan Saat Praremaja

"Imunisasi HPV telah dilakukan pada sistem kesehatan yang ada dan telah mengidentifikasi tindakan yang diperlukan untuk perbaikan," ujar dia.

Berdasarkan Rp3,5 triliun dana BPJS Kesehatan terfokus pada pengobatan kanker. Oleh karena itu perlunya pemertaan cakupan vaksinasi di seluruh daerah.

"Ketua Pengurus Pusat IDAI, Dr Piprim Basarah Yanuarso mengatakan bahwa dengan fokus pada penyelesaian kesenjangan yang ada dalam cakupan vaksinasi.

"Perlu adanya perencanaan strategis yang bertujuan untuk merumuskan solusi yang dapat dilaksanakan dalam sosialisasi imunisasi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat," ungkapnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat