visitaaponce.com

Presiden Jokowi Dorong Pelaksanaan Haji 2024 Menjadi Legasi Terbaik

Presiden Jokowi Dorong Pelaksanaan Haji 2024 Menjadi Legasi Terbaik
Menteri Agama(Dok.MCH)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pelaksanaan ibadah haji 2024 menjadi legasi terbaik selama pemerintahannya. Untuk itu, Jokowi meminta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjadikan pelaksanaan haji 2024 sebagai yang terbaik dari penyelenggaraan sebelum-sebelumnya.

Hal itu disampaikan Gus Men, sapaan akrab Menag Yaqut, saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (27/3) malam.

Untuk menjalankan arahan Jokowi itu, Yaqut menargetkan indeks kepuasan jamaah haji tahun ini mencapai minimal 95%. Angka ini lebih tinggi dari indeks kepuasan haji 2022 yang sebesar 94%.

Baca juga : Menag Yaqut Cholil Qoumas Bertolak ke Arab Saudi, Cek Kesiapan Haji dan Pastikan Regulasi Umrah Backpacker

"Presiden menyampaikan kepada saya, ini harus menjadi yang terbaik selama pemerintahan beliau. Artinya, layanan yang harus kita berikan tahun ini harus lebih baik dari haji 2022 yang indeks kepuasan hajinya 94. Jadi minimal harus 95," ucap Yaqut.

Atas hal ini, Yaqut meminta para Petugas Haji untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin. Terutama kepada para lanjut usia atau lansia.

"Siap tidak siap, kalau tidak benar kita pulangkan petugas haji. Kita tak main-main karena amanah tidak main-main," ucapnya.

Baca juga : Kuota Tambahan Dibagi Dua untuk Haji Reguler dan Khusus

Yaqut menambahkan, jumlah jemaah haji lansia tahun ini masih sangat tinggi. Hal ini memerlukan perlakuan khusus, baik sebelum ke Tanah Suci, saat di Tanah Suci, dan sampai ke Tanah Air lagi.

"Kita semua adalah pelayanan jamaah lansia dan disabilitas. Kita semua memberikan pelayanan jamaah secara umum kita memberikan pelayanan kepada jamaah lansia dan disabilitas," tuturnya.

Dia mengingatkan kepada para Petugas Haji untuk melayani jamaah seperti orang tua dan saudara sendiri. Ia berharap, para Petugas Haji dapat melakukan tugas dengan berintegritas. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat