visitaaponce.com

Cegah DBD, Jumantik Harus Maksimal Memberantas Sarang Nyamuk

Cegah DBD, Jumantik Harus Maksimal Memberantas Sarang Nyamuk
Ilustrasi(Antara)

Anggota DPRD DKI Jakarta Khotibi Achyar meminta kader juru pemantau jentik (jumantik) melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara maksimal di wilayah masing-masing. Langkah itu harus dilakukan guna menekan jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD).

"Sudah menjadi kewajiban para Jumantik setiap saat datang ke masyarakat di wilayah masing-masing. Biasanya kan hanya tanggal-tanggal tertentu saja," kata Khotibi melalui keterangan tertulis, Minggu (31/3).

Politikus Partai Golkar itu juga mengingatkan sosialisasi menutup, menguras, dan mengubur atau 3M juga perlu digalakkan. Pasalnya tempat berkembang biak nyamuk bukan hanya di air tergenang, namun juga di tempat kotor.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat angka kematian akibat DBD mencapai 316 kasus di 213 kabupaten/kota di Indonesia. Hingga kini, kasus DBD di Indonesia mencapai 38.462 kasus.

"Kasus DBD pada pekan ke-12 di 2024 itu mencapai 38.462 kasus dan angka kematiannya 316 kasus," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat