visitaaponce.com

Pangsari Utama dan Freeport Indonesia Beri Layanan Kesehatan Mata Gratis di Timika

Pangsari Utama dan Freeport Indonesia Beri Layanan Kesehatan Mata Gratis di Timika
Petugas medis memeriksa kesheatan amta warga Timika, Papua.(Pangansari Utama)

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT Freeport Indonesia ke-57, PT Pangansari Utama bersama PT Freeport Indonesia yang didukung Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) menggelar bakti sosial layanan kesehatan mata gratis. Kegiatan itu dilaksanakan selama sepekan untuk masyarakat Timika, Papua Tengah.

Layanan kesehatan mencakup pemeriksaan umum kesehatan mata, tes buta warna, pemeriksaan refraksi mata dan operasi katarak. Dalam bakti sosial tersebut juga diberikan bantuan kacamata gratis kepada masyarakat.

Direktur Human Capital PT Pangansari Group, Avi Pranantha, mengatakan bakti sosial layanan kesehatan mata dilaksanakan di sembilan perkampungan sejak 25 Maret hingga 6 April 2024.

Baca juga : Warga Sekitar Dukung Percepatan Pengesahan Amdal PTFI

Avi menjelaskan aksi itu diinisiasi Media Group melalui PT Pangansari Utama sebagai wujud komitmen kedua perusahaan yang didukung Perdami untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat Papua.

"Bakti sosial ini adalah inisiasi jajaran Direksi Media Group melalui PT Pangansari Utama. Kami berharap kegiatan layanan kesehatan mata ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Papua. Kami juga berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus memeriksa kesehatannya secara rutin, termasuk pemeriksaan mata sejak dini,” kata Avi.

Manager Community Health Development PT Freeport Indonesia, Daniel Perwira, mengapresiasi kegiatan bakti sosial tersebut. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua tim yang terlibat membantu pelaksanaan kegiatan bakti sosial dan semua warga yang turut hadir memeriksakan kesehatannya.

Baca juga : Penyelidikan Kematian Mawarti Dipastikan Transparan

Bakti sosial layanan kesehatan mata gratis diawali dari Kampung Waa Banti, Distrik Tembagapura pada 25 Maret dan dilanjutan ke Kampung Mapurujaya, Puskesmas SP 9, Puskesman SP 12, Perkampungan Mioko, Aikawapuka, Wumuka, dan Kampung Kapiraya, Timika. Pelaksanaan layanan kesehatan mata di Kampung Waa Banti yang dilaksanakan Senin 25 Maret 2024 berlangsung lancar.

Penanggungjawab bakti sosial, Felix Lumban Tobing yang juga Kepala Klinik Pratama Pangansari Jakarta mengatakan, tercatat 77 orang warga yang memeriksakan kesehatan mata yang terdiri dari warga Suku Amungme, Suku Moni, Suku Damal, Suku Dani dan sejumlah warga lain. Kegiatan ini dibantu 10 tim medis yang turun langsung memeriksa kesehatan mata masyarakat.

Kegiatan bakti sosial di Kampung Mapurujaya, Timika, juga berlangsung lancar. Penanggungjawab Klinik Media Group, Fatmasari Diah Permata, mengatakan tercatat hampir 300 orang warga Papua hadir memeriksakan kesehatan mata. Beberapa diantara mereka ditindaklanjuti dengan operasi katarak.

Warga Papua mengaku senang dengan bakti sosial layanan kesehatan mata gratis yang difasilitasi Pangansari Utama dan  Freeport Indonesia yang didukung Perdami. Mereka berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin agar masyarakat terhindari dari berbagai penyakit mata dan penyakit-penyakit lainnya. (RO/Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat