visitaaponce.com

Ayah Iga Massardi, Sastrawan Yudhistira ANM Massardi Meninggal Dunia

Ayah Iga Massardi, Sastrawan Yudhistira ANM Massardi Meninggal Dunia
Budayawan Yudhistira Anm Massardi(MI/RAMDANI)

KABAR duka menyelimuti keluarga vokalis Barasuara, Iga Massardi. Ayah Iga, Yudhistira ANM Massardi meninggal dunia. Berita duka tersebut salah satunya dikonfirmasi oleh dosen film Binus University dan anggota Komite Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Ekky Imanjaya.

“Kabar duka malam ini: Innanilahi wainnailaihi raijun. Bapak Yudhistira ANM Massardi wafat, Selasa 02/04/24 pukul 21.12 WIB di RSUD Bekasi. InsyaAllah husnul khatimah. Lahul fatihah,” cicit Ekky melalui akun Twitter/X-nya @ekkyij, Selasa, (2/4/2024).

Ekky pernah bekerja bersama Yudhistira saat membidani majalah Nebula atau ESQ Life. Ketika itu Yudhistira menjadi pemimpin redaksi sementara Ekky sebagai redaktur pelaksana di majalah tersebut. Ekky juga menyebut Yudhistira sebagai guru menulisnya.

Baca juga : DBD di Palu Sulteng Meningkat, 2 Pasien Meninggal Dunia

Melalui unggahan Instagram story, Iga Massardi membagikan foto tangannya menggenggam tangan sang ayah dan dibubuhi tahun 1954–2024. Sebelumnya, Iga juga sempat membagikan foto dirinya bersama sang ayah dengan keterangan ayahnya sudah dalam kondisi kesehatan yang membaik dan diperbolehkan pulang setelah dirawat di rumah sakit.

Yudhistira dikenal sebagai sastrawan. Ia telah merilis beberapa karya baik cerpen maupun novel dan sajak. Beberapa di antaranya adalah Sajak Sikat Gigi (1982) yang menang dalam ajang lomba Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Sajak Sikat Gigi lalu dijadikan antologi dan diinterpretasikan menjadi lagu pada 2019.

Selain itu, beberapa karya Yudhistira adalah novel Arjuna Mencari Cinta yang meraih hadiah sebagai bacaan remaja terbaik 1977 dari Yayasan Buku Utama. Sejak itu hingga 1981 dia merilis novel di antaranya Ding Dong (1978), Obladi-Oblada (1978), Mencoba Tak Menyerah (1979), Arjuna Mencari Cinta Part II (1980), Yudhistira Duda (1981), dan Arjuna Wiwaha (1984).

Pada Februari 2024, Yudhistira bersama saudaranya Noorca Massardi merilis dua buku kumpulan puisi terbaru. Berjudul Akhirnya Kita Seperti Dedaun (Yudhistira ANM Massardi) dan Dari Paris untuk Cinta (Noorca M. Massardi). Perilisan tersebut sebagai momen peringatan 70 tahun usia keduanya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat