visitaaponce.com

Gempa 2 Kali Guncang Kabupaten Bandung

Gempa 2 Kali Guncang Kabupaten Bandung
Ilustrasi(MI)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Encana (BNPB) Abdul Muhari mengungkapkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 melanda Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/5). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Gempa (BMKG) terjadi pukul 10:06 WIB dengan kedalaman 4 KM.

“Pusat gempa di 7.20 LS-107.57 BT. Gempa berada di darat dan tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan selama 2-3 detik di Kabupaten Bandung,” ujar Abdul melalui keterangan resmi, Kamis (2/5).

Berikutnya gempa kembali terjadi pukul 20:35 WIB. Kali ini, pusat gempa berada di 7.82 LS 107.26 BT dengan kekuatan magnitude 4 pada kedalaman 24 km. Lokasi terdampak gempa meliputi Desa Pangalengan, Sukamanah, Margamukti, Pulosari, Wanasari di Kecamatan Pangalengan, Desa Trumajaya di Kecamatan Kertasar dan Desa Banjaran Wetan di Kecamatan Banjaran.

Baca juga : BMKG Catat Ada 10 Aktivitas Gempa Bumi di Indonesia selama Libur Lebaran

Menurut hasil laporan Pusdalops BNPB, sebanyak tiga kepala keluarga terdampak karena bencana alam tersebut. Selain itu, dua masjid, tiga sekolah dan satu Puskesmas juga mengalami kerusakan.

Untuk upaya penanganan pascagempa, BPBD Kabupaten Bandung terus monitor dan mendata wilayah terdampak.

“BNPB mengimbau kepada warga untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa sebelumnya,” tandas Abdul. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat