visitaaponce.com

Air Kelapa Dapat Berbahaya jika Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Tertentu

Air Kelapa Dapat Berbahaya jika Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Tertentu
Warga mengambil buah kelapa yang dihanyutkan di sungai Desa Dunggala, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu (23/12/2023).(Antara/Adiwinata Solihin)

AIR kelapa memang dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi air kelapa juga bisa menjadi berbahaya, terutama pada kondisi tertentu.

Konsumsi berlebihan air kelapa dapat menyebabkan terjadinya hiperkalemia, kondisi medis yang ditandai dengan peningkatan kadar kalium dalam darah. Hal ini terjadi karena air kelapa mengandung kalium dalam jumlah yang signifikan. Hiperkalemia dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti pingsan, iritasi usus, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, disarankan menghindari konsumsi air kelapa dalam jumlah berlebihan. Selain itu, ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang membuat konsumsi air kelapa tidak dianjurkan. Berikut paparannya.

Baca juga : Penderita Hipertensi dan Diabetes Diingatkan Deteksi Dini Penyakit Ginjal

Baca juga: Tujuh Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan

1. Penyakit jantung.

Air kelapa yang kaya kalium dapat memengaruhi irama jantung. Orang-orang yang menderita penyakit jantung sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa karena hal ini dapat memperburuk kondisi mereka.

2. Gangguan ginjal.

Kandungan kalium dalam air kelapa juga bisa memberikan tekanan tambahan pada ginjal, terutama pada orang dengan gangguan ginjal. Konsumsi air kelapa dapat membuat ginjal bekerja lebih keras yang tidak diinginkan bagi orang dengan masalah ginjal.

Baca juga : Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

Baca juga: Enam Manfaat Daun Pepaya Menjaga Kesehatan dan Obati Penyakit

3. Diabetes.

Tidak hanya kaya kalium, air kelapa juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Ini membuat minuman tersebut tidak dianjurkan bagi penderita diabetes, karena dapat menyulitkan pengendalian kadar gula dalam darah.

4. Iritasi usus.

Air kelapa memiliki sifat laksatif alami yang dapat memperparah iritasi pada usus. Orang dengan gangguan usus atau iritasi usus sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa, karena hal ini dapat memperburuk kondisi mereka.

Baca juga : Waspadai Penyakit Ginjal, Cara Pencegahan dan Gejalanya

5. Interaksi dengan obat-obatan.

Beberapa jenis obat mungkin tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan air kelapa. Interaksi ini dapat mengurangi efektivitas obat dan bahkan menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi air kelapa jika sedang dalam pengobatan.

6. Seseorang yang akan menjalani operasi.

Menurut informasi dari WebMD, disarankan agar seseorang yang akan menjalani operasi menghindari konsumsi air kelapa dalam waktu dekat sebelum dan sesudah operasi. Hal ini karena air kelapa dapat memengaruhi tekanan darah dan pengendalian gula darah selama prosedur operasi dan masa pemulihan. Disarankan untuk berhenti minum air kelapa setidaknya dua minggu sebelum tanggal operasi yang telah dijadwalkan.

Dengan menjaga kesehatan individu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu perlu untuk memperhatikan konsumsi air kelapa dan berkonsultasi dengan profesional medis jika perlu. Meskipun air kelapa merupakan minuman yang menyehatkan bagi sebagian besar orang, bagi mereka dengan kondisi kesehatan tertentu, lebih baik untuk menghindarinya demi kesejahteraan mereka. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat