visitaaponce.com

PDSKJI Sebut Perilaku Sadisme di Kalangan Masyarakat bukan karena Faktor Tunggal

PDSKJI Sebut Perilaku Sadisme di Kalangan Masyarakat bukan karena Faktor Tunggal
Ilustrasi: Inafis Polres Ciamis melakukan olah tempatkejadian perkara dalam kasus pembunuhan dan mutilasi(MI/Adi Kristiadi)

HUMAS PP Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dr. Ida Rochmawati mengatakan bahwa maraknya perilaku sadisme di kalangan masyarakat saat ini dapat ditinjau dari fenomena sosial dan psikologis.

“Menurut teori Emil Durkheim seorang sosiolog bisa saja kondisi ini merupakan cerminan masyarakat anomik, di mana nilai-nilai begitu longgar dan adanya perubahan struktur sosial membuat masyarakat seolah tidak memiliki pegangan,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (7/5).

Namun demikian, menurutnya jika menyatakan bahwa hal ini merupakan cerminan dari kondisi gangguan mental atau darurat mental perlu pendalaman lebih lanjut karena satu kasus dengan kasus lainnya memiliki latar belakang dan kondisi psikologis yang berbeda-beda.

“Apakah perilaku tersebut merupakan manifestasi dari stres kronik atau gangguan mental tertentu yang memicu perilaku agresif? Tentu ini menjadi PR kita semua untuk bisa melakukan deteksi dini risiko gangguan mental di masyarakat,” tegas Ida.

Dia menekankan yang pasti, kondisi ini bukan disebabkan faktor tunggal namun merupakan interaksi dari faktor biologi, psikologi dan sosial. (Des/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat