visitaaponce.com

Jemaah Haji, Waspadai Penyakit ISPA

Jemaah Haji, Waspadai Penyakit ISPA!
Jemaah haji diminta untuk mewaspadai ISPA(MI/Amir MR)

PP Perdokhi menyuarakan pentingnya kesadaran jamaah haji terhadap risiko penularan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) selain penyakit lain seperti meningitis dan dehidrasi.

"Flu pada orang lanjut usia dengan penyakit komorbid bisa sangat berbahaya. ISPA dan pneumonia masih menjadi masalah utama bagi jamaah haji Indonesia selama ibadah di Arab Saudi pada 2023," ungkap Ketua Umum PP Perdokhi yarief Hasan Lutfie, seperti dikutip dari Antara.

Syarief menyoroti risiko penyakit meningitis dan pneumonia, selain gangguan kesehatan akibat penyakit meningokokus invasif (IMD). Pneumonia dan influenza juga menjadi perhatian karena keduanya merupakan kuman penyebab infeksi saluran napas.

Baca juga : Waspada Peningkatan Kasus Gangguan ISPA selama Musim Pancaroba

ISPA telah menjadi penyakit paling umum di kalangan jamaah Indonesia selama ibadah haji di Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir. Data menunjukkan sekitar 60% jamaah yang berkonsultasi di Klinik Primer Mina mengeluhkan ISPA.

Namun, kesadaran terhadap gejala dan tindakan pencegahan ISPA seringkali terabaikan, menyebabkan gejala yang berlanjut hingga pneumonia.

"Sebanyak 40% jamaah yang dirawat di rumah sakit karena pneumonia, dan 67% yang dirawat di ICU karena infeksi saluran napas," tambahnya.

Baca juga : Sebagian Pengungsi Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki Idap ISPA

Studi Balkhy menemukan bahwa 56% jamaah dengan ISPA disebabkan oleh virus influenza.

Oleh karena itu, Syarief menekankan pentingnya vaksinasi influenza sebelum berangkat haji atau umroh sebagai upaya perlindungan saat berinteraksi dengan jamaah dari negara lain di Arab Saudi.

"Vaksin influenza sangat penting untuk melindungi diri saat menjalankan ibadah umroh," pungkas Syarief. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat