visitaaponce.com

Kemenag Targetkan 15 PTKIN Dapat Akreditasi Unggul Tahun Ini

Kemenag Targetkan 15 PTKIN Dapat Akreditasi Unggul Tahun Ini
Wisuda sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry .(ANTARA FOTO /Irwansyah Putra)

KEMENTERIAN Agama menargetkan pada 2024 ada 15 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendapat Akreditasi Unggul. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengakselerasi proses penilaian Instrumen Suplemen Konversi (ISK) program studi dan institusi.

ISK adalah instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan konversi peringkat terakreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APT 3.0. 

ISK digunakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke Unggul.

Baca juga : Ujian Masuk PTKIN 2023 Dimulai 29 Mei 2023, Cek Lokasi di Sini

“Pada 2024, kita targetkan ada 15 PTKIN yang memperoleh akreditasi institusi Unggul,” ungkap Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Ahmad Zainul Hamdi dilansir dari keterangan resmi, Rabu (15/4).

Menurut Ahmad Zainul Hamdi, sampai awal 2024, ada 8 PTKIN yang memperoleh predikat Unggul, yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Selain itu ada UIN Alauddin Makassar, UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Raden Fatah Palembang, dan UIN Profesor Kiai Haji Saifudin Zuhri Purwokerto. Sementara ada 10 PTKIN yang saat ini sedang proses penilaian di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca juga : Kemenag Kawal Penilaian Lahan UIII Depok yang Dikuasai Warga 

“Saat ini, ada 70 usulan ISK program studi dan 2 usulan ISK institusi. Untuk itu, ada sebanyak 10 asesor yang dihadirkan dalam kegiatan ini. Kita lakukan akselerasi penilaian ISK nya,” sebutnya.

“Melalui kegiatan ini, kita akan pastikan dua hari ke depan seluruh usulan ISK prodi dan institusi sudah selesai dinilai, sehingga prodi atau institusi yang mulanya menyandang atribut akreditasi A menjadi Unggul,” sambungnya.

Ahmad Zainul Hamdi optimis di akhir 2024, target 15 PTKI yang memperoleh akreditasi institusi Unggul dapat tercapai. “Pada dasarnya, perguruan tinggi kita sudah memiliki banyak prestasi akademik yang berkaliber internasional. Bahkan, beberapa jurnal PTKI telah menjadi rujukan internasional di bidang sosial humaniora,” tegas guru besar di UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Baca juga : Kemenag Siap Gelontorkan Rp30 Miliar untuk Pacu Riset

Sebelumnya, pada 6 – 8 Maret 2024, Diktis juga telah melaksanakan proses percepatan ISK sebanyak 100 program studi. Dan diperoleh prodi yang semula menyandang atribut B berubah menjadi Baik Sekali, dan semula A menjadi Unggul.

‘’Perubahan atribut dari C menjadi Baik, B menjadi Baik Sekali, dan A menjadi Unggul melalui mekanisme ISK ini penting dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi karena akan meningkatkan nilai kuantitatif saat proses akreditasi institusi,’’ tuturnya.

Pria yang juga akrab disapa Ahmad Inung ini menuturkan, bahwa target 15 PTKIN akreditasi institusi Unggul menjadi salah satu parameter Perjanjian Kinerja Direktur PTKI kepada Dirjen Pendidikan Islam dan Menteri Agama di 2024. (Des)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat