visitaaponce.com

BNPB Fasiilitasi Peringatan Dini Banjir di Gorontalo

BNPB Fasiilitasi Peringatan Dini Banjir di Gorontalo
BNPB(ANTARA FOTO/Andri Saputra)

DIREKTUR Peringatan Dini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Afrial Rosya menyampaikan Sistem Peringatan Dini Bencana (SPDB) Banjir berbasis masyarakat menjadi bagian penting dalam penanggulangan bencana. Hal itu dia sampaikan saat acara kick off kegiatan Fasilitasi di Provinsi Gorontalo di tahun 2024, kemarin.

Partisipasi masyarakat, ujarnya, sangat diharapkan dalam memahami potensi bahaya. Masyarakat, diharapkan melakukan langkah-langkah antisipatif dan responsif dalam meminimalkan dampak risiko bencana, termasuk di dalamnya ancaman banjir.

"Pemahaman masyarakat menjadi ujung tombak. Oleh karena itu, semua pihak perlu untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat daerah rawan bencana melalui pembentukan fasilitator tingkat desa termasuk di dalamnya para relawan," ujarnya seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (15/5).

Baca juga : 733 Bencana Melanda Indonesia Hingga Awal Mei 2024

Afrial juga mengatakan fasilitasi peralatan sistem peringatan dini banjir akan dilaksanakan di tiga kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo yaitu di Kabupaten Gorontalo (Desa Yosonegoro), Kabupaten Bone Bolango (Desa Tupa), dan Kota Gorontalo (Kelurahan Bugis). Fasilitasi itu termasuk penguatan kapasitas masyarakat setempat.

"Mengingat tingkat ancaman yang berbeda di setiap lokasi, maka pada kegiatan ini akan dipertimbangkan hal-hal yang terkait dengan kondisi riil yang ada di lapangan termasuk budaya lokal masyarakat setempat," paparnya.

Adapun sarana prasarana yang dibangun untuk SPDB berbasis masyarakat berupa sirine dilengkapi dengan alat pendukung lain termasuk alat komunikasi yang nanti akan diserahkan kepada pemerintah daerah. Itu, ujarnya, dapat digunakan untuk peningkatan kapasitas peringatan dini daerah.

Arifal mengatakan fasilitas Early Warning System (EWS) Banjir di Gorontalo dapat menambah jangkauan informasi peringatan bencana kepada masyarakat dan meningkatkan tingkat kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di masa mendatang. (ind)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat