visitaaponce.com

Peringatan Tornado Baru, 3 Juta Orang di Illinois, Indiana, dan Kentucky Waspada

Peringatan Tornado Baru, 3 Juta Orang di Illinois, Indiana, dan Kentucky Waspada
Ilustrasi - Pusat Prediksi Badai telah mengeluarkan peringatan tornado baru untuk lebih dari 3 juta orang.(AFP)

PERINGATAN tornado baru telah dikeluarkan oleh Pusat Prediksi Badai untuk lebih dari 3 juta orang yang tinggal di bagian-bagian Illinois, Indiana, dan Kentucky, termasuk Louisville, Kentucky, dan Evansville, Indiana, Amerika Serikat.

Peringatan ini berlaku hingga pukul 1 pagi Waktu Tengah hari Senin.

"Orang-orang di daerah ini harus waspada terhadap kondisi cuaca yang mengancam dan mendengarkan pernyataan lebih lanjut serta peringatan yang mungkin," kata pusat prediksi tersebut.

Baca juga : Peneliti Kembangkan Sistem Deteksi Tornado dengan Infrasonik

Beberapa tornado mungkin terjadi, bersama dengan hujan es lebih besar dari ukuran bola bisbol dan angin kencang yang meluas mencapai 85 mph.

Peringatan terbaru ini membawa jumlah warga Amerika yang berada di bawah peringatan tornado menjadi 6,6 juta.

Setelah melakukan survei badai dari tornado yang melanda bagian utara Texas Sabtu malam, Badan Meteorologi Nasional mengatakan temuan awal menunjukkan tornado setidaknya kekuatan EF-2 melanda kota Valley View.

Baca juga : 15 Orang Tewas dalam Tornado Melanda Amerika Serikat Wilayah Tengah

"Kerusakan yang luas ditemukan di Cooke County, terutama di selatan Valley View dekat garis batas Cooke/Denton County, dengan peringkat awal EF-2 dengan kecepatan angin maksimum yang diperkirakan mencapai 135 mph," kata badan cuaca tersebut.

Selain itu, tim survei mengatakan, "Kerusakan yang ditemukan di selatan Montague County konsisten dengan tornado EF-2 dengan kecepatan angin maksimum yang diperkirakan mencapai 125 mph." Tornado ini berada tepat di selatan Forestburg, Texas.

Detail tambahan tentang kerusakan dan panjang lintasan untuk kedua tornado tersebut akan dirilis ketika survei selesai.

Survei masih berlangsung di dekat Pilot Point di Denton County, Celina di Collin County, dan daerah lain di utara Texas.

"Informasi peringkat untuk kerusakan di daerah-daerah ini akan dirilis ketika tim menyelesaikan penilaian mereka. Detail lengkap termasuk jalur, panjang, lebar, dan peringkat final diharapkan akan final dalam beberapa hari ke depan," kata badan cuaca tersebut. (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat