visitaaponce.com

5 Tewas Ketika Ribuan Tornado Hantam AS

5 Tewas Ketika Ribuan Tornado Hantam AS
Gelombang tornado yang luar biasa telah melanda bagian Oklahoma dan negara-negara bagian Great Plains terdekat, menyebabkan lima tewas(AFP)

SEJUMLAH besar tornado telah melanda bagian Oklahoma dan negara-negara Great Plains terdekat, meninggalkan setidaknya lima orang tewas, kata otoritas dan media lokal pada hari Minggu.

Setelah dilaporkan 78 tornado, Jumat, sebagian besar di Nebraska dan Iowa, sistem cuaca terpisah, Sabtu, membawa 35 laporan tornado dari utara Texas dan Oklahoma hingga Missouri, kata Layanan Cuaca Nasional (NWS).

Badai itu memuntahkan hujan hingga tujuh inci (18 sentimeter) di beberapa tempat dalam beberapa jam. Meteorolog memperingatkan bahaya cuaca ekstrem yang berlanjut, Minggu, termasuk banjir kilat, hujan es, dan lebih banyak tornado.

Baca juga : Peneliti Kembangkan Sistem Deteksi Tornado dengan Infrasonik

Sulphur, di selatan tengah Oklahoma, sangat terkena dampak pada Sabtu malam, dengan video dan gambar yang diposting di media sosial menunjukkan puluhan bangunan hancur berantakan.

Sebuah truk pos duduk dengan tidak stabil di atas reruntuhan bangunan dan pohon, sebuah video menunjukkan, dengan balok beton dan balok kayu berserakan di mana-mana. Tim penyelamat melakukan pencarian dari rumah ke rumah dan kendaraan ke kendaraan untuk mencari korban atau selamat.

Gubernur Oklahoma Kevin Stitt, mengatakan empat orang telah dikonfirmasi tewas di seluruh negara bagian.

Baca juga : AS Bersiap Hadapi Badai Besar, Ratusan Ribu Orang Tanpa Listrik

Kerusakan di Sulphur, di mana seorang perempuan meninggal ketika tornado melintas pada malam hari, adalah yang terburuk yang pernah ia lihat selama enam tahun menjabat, katanya dalam konferensi pers.

"Sepertinya setiap bisnis di pusat kota sekarang telah hancur," katanya, menambahkan "syukurlah... tidak banyak orang di sini pada pukul 10:30 malam."

Setidaknya dua orang meninggal di kota Oklahoma, Holdenville, kata Departemen Manajemen Darurat (OEM) negara bagian itu, dengan media lokal melaporkan seorang bayi berusia empat bulan adalah salah satu korban.

Baca juga : Tragedi Penembakan di Sekolah Iowa: Seorang Siswa Meninggal, Lima Luka

OEM mengatakan seorang orang meninggal di jalan raya di Marietta, di mana video yang disiarkan oleh media lokal menunjukkan beberapa mobil yang rusak di sisi jalan, dengan dua truk semi terbalik dan sebuah gudang di dekatnya terbuka.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan penyelidikan awal telah mengkonfirmasi tornado di Sulphur dan Marietta setidaknya EF-3 pada Skala Fujita Ditingkatkan yang memiliki lima level, yang berarti angin kencang di atas 136 mil (218 kilometer) per jam.

Stitt telah menyatakan keadaan darurat 30 hari untuk mempercepat bantuan kepada 12 dari kabupaten yang paling parah terkena dampak, dan mengatakan bahwa ia berhubungan dengan otoritas federal untuk bantuan.

Baca juga : Taylor Swift Sumbangkan US$1 Juta untuk Korban Tornado di Tennessee

Seorang pria di Iowa yang terluka dalam tornado, Jumat, kemudian meninggal di rumah sakit, kata keluarganya kepada media lokal KETV NewsWatch 7.

Lebih dari 25.000 rumah di Texas dan lebih dari 19.000 di Oklahoma tidak memiliki listrik pada Minggu sore, lapor situs web poweroutage.us.

Wilayah ini dikenal dengan frekuensi dan kekuatan tornado yang melintas setiap musim semi. Tetapi memiliki wabah besar yang terpisah dalam beberapa hari berturut-turut sangatlah langka, kata meteorolog. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat