visitaaponce.com

15 Orang Tewas dalam Tornado Melanda Amerika Serikat Wilayah Tengah

15 Orang Tewas dalam Tornado Melanda Amerika Serikat Wilayah Tengah
Setidaknya 15 orang tewas dalam serangkaian tornado di Texas, Arkansas, Oklahoma, dan Kentucky.(denton Fire Department)

SETIDAKNYA 15 orang tewas ketika tornado dan badai melanda wilayah tengah Amerika Serikat (AS), menghancurkan rumah-rumah dan memutus listrik untuk ratusan ribu orang.

Sebanyak 7 orang tewas di utara Texas, lima di Arkansas, dua di Oklahoma, dan satu di Kentucky. Puluhan lainnya terluka, dan hampir 500 ribu orang tanpa listrik di beberapa negara bagian, Minggu (26/5).

Sheriff Ray Sappington dari Cook County, Texas, mengatakan jumlah korban tewas di sana termasuk dua anak berusia 2 dan 5 tahun serta tiga anggota keluarga yang sama.

Baca juga : 5 Tewas Ketika Ribuan Tornado Hantam AS

"Ini hanya menyisakan jejak puing," kata sheriff daerah Valley View, yang termasuk di antara yang paling parah terkena tornado kuat. "Kerusakan cukup parah."

Rekaman dari kabupaten tersebut menunjukkan stasiun bensin dan tempat istirahat hampir sepenuhnya hancur, dengan logam yang bengkok berserakan di atas kendaraan yang rusak.

Tornado menghempaskan truk, menutup jalan raya di dekat Dallas, dan membuat puluhan ribu orang tanpa listrik di seluruh wilayah.

Baca juga : Tragedi Penembakan di Sekolah Iowa: Seorang Siswa Meninggal, Lima Luka

Petir, guntur, dan hujan deras memaksa evakuasi sekitar 125.000 penonton saat balapan Indianapolis 500 pada hari Minggu ditunda selama empat jam.

Lenyap

Frank Soltysiak, yang tinggal di taman rumah mobil di utara Texas, mengatakan rumahnya hancur dalam hitungan menit ketika badai melintas.

Soltysiak sedang berada di sebuah restoran terdekat ketika pemiliknya melintas "membunyikan klaksonnya, memberi tahu semua orang untuk keluar," katanya kepada CBS News, mitra BBC AS.

Baca juga : 3 Tewas dan 1 Terluka Akibat Penembakan Massal di Universitas Nevada

Dia mengambil anjingnya, Sampson, dan berlindung di dalam kulkas berjalan restoran.
"Itu adalah struktur yang paling aman bisa kamu datangi. Dan saya keluar, dan segalanya hancur," katanya.

"Dalam waktu dua menit, semuanya lenyap, semuanya lenyap."

Wakil Gubernur Texas Dan Patrick mengatakan unit tanggap darurat negara diaktifkan untuk menanggapi tornado.

Baca juga : Bus Rombongan Siswa SMP Kecelakaan di Tol Jombang, Dua Orang Meninggal

"Silakan berdoa untuk keluarga-keluarga ini," katanya tentang mereka yang kehilangan orang yang dicintai. "Kehilangan mereka tidak bisa dimengerti."

Badai di Texas tumpang tindih dengan panas rekor di beberapa bagian negara bagian itu, dengan penduduk menerima peringatan suhu tiga digit selama liburan Hari Memorial.

Di Oklahoma, dua orang tewas di Kabupaten Mayes dan enam lainnya terluka, kata otoritas manajemen darurat setempat kepada BBC.

Pejabat Arkansas mengatakan seorang perempuan berusia 26 tahun ditemukan tewas di luar rumah yang hancur di Olvey, sementara satu dari empat kematian di negara bagian tersebut dilaporkan di Kabupaten Benton. Negara bagian itu juga melaporkan beberapa orang terluka.

Pejabat polisi di kota Rogers, Arkansas, mengatakan mereka telah menyelamatkan beberapa orang yang terjebak setelah tornado menjatuhkan pohon dan tiang listrik, serta merusak saluran pasokan gas.

Di Kentucky, walikota Louisville Craig Greenburg memastikan di media sosial bahwa seorang pria tewas tertimpa pohon saat badai hebat pada hari Minggu.

Badai bergerak ke timur

Pada Minggu sore, sistem badai telah mulai bergerak ke timur, menurut National Weather Service, yang memperingatkan akan angin dan hujan es yang parah bagi mereka yang berada di jalurnya.

Sekitar 470.000 orang tanpa listrik di negara-negara bagian yang membentang dari Texas hingga Kansas, Missouri, Arkansas, Tennessee, dan Kentucky, menurut situs web Poweroutage.us.

Jurubicara Kabupaten Sedgwick di Kansas, yang mencakup Wichita, mengatakan kepada CBS News bahwa layanan darurat sedang menangani pohon tumbang dan tiang listrik dari badai, dengan sekitar 8.000 pelanggan tanpa listrik.

Tornado terbaru mengikuti tornado kuat lainnya yang melanda sebuah kota kecil di pedesaan Iowa dan menewaskan empat orang awal bulan ini.

Para peramal pemerintah juga telah menggambarkan musim badai Atlantik 2024 ini sebagai mungkin "luar biasa", yang dimulai bulan depan. (BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat