visitaaponce.com

Karena Sakit, Sebagian Jemaah Haji Bertahan di Madinah

Karena Sakit, Sebagian Jemaah Haji Bertahan di Madinah
Pemberangkatan jamaah haji gelombang terakhir SUB 45 dari Madinah ke Kota Mekah, Sabtu (1/6/2024).(Dok Media Center Haji)

SELURUH jemaah haji Indonesia gelombang I yang berada di Madinah diberangkatkan menuju Mekah. Pada Sabtu (1/6), rombongan gelombang terakhir jemaah haji yang berada di Madinah telah menuju Mekah. Total ada 4.743 jemaah yang tergabung dalam 12 kloter.

Mereka diberangkatkan dari hotel tempat menginap menuju Masjid Bir Ali untuk melaksanakan miqat dan niat umrah. Setelah itu, Jemaah bertolak menuju Mekah guna persiapan pelaksanaan umrah wajib serta rangkaian ibadah pada masa puncak haji. 

Berdasarkan data terakhir, total sebanyak 153.799 CJH reguler yang telah berada di Arab Saudi. Hampir seluruhnya sudah berada di Mekah.

Baca juga : Kloter Terakhir Diberangkatkan dari Madinah ke Mekah

Meski demikian, hingga kini, tidak semua CJH di Madinah telah bertolak ke Mekah karena sebagian masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) maupun sejumlah rumah sakit di kota tersebut. Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi menjelaskan, pihaknya tengah mendata jumlah jemaah yang sedang dirawat di seluruh RS di Madinah. 

"Nanti ada sejumlah skema yang disiapkan untuk mengantarkan mereka ke Mekah," katanya. Skema pertama, jemaah yang kondisinya membaik sebelum 7 Juni atau tiga hari menjelang penutupan gerbang masuk Kota Mekah akan diantarkan oleh petugas KKHI ke Mekah. "Sebelum berangkat, mereka difasilitasi untuk miqat dan berihram oleh pembimbing ibadah dari PPIH," katanya.

Di sisi lain, PPIH Arab Saudi juga menyiapkan skema pengantaran jemaah di rumah sakit yang kondisinya masih belum memungkinkan. Mereka akan diberangkatkan menggunakan ambulans khusus menuju rumah sakit di Mekah.

Sedangkan untuk pelaksanaan ibadah di masa puncak haji, jemaah yang dirawat di RS dilihat terlebih dulu kondisinya. Jika tidak memungkinkan, mereka akan diikutkan safari wukuf yang difasilitasi petugas haji. Sebaliknya, jika sembuh, mereka bisa bergabung dengan rombongan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat