visitaaponce.com

Tawarkan Haji Tanpa Antre, WNI Ditangkap Polisi Arab Saudi

Tawarkan Haji Tanpa Antre, WNI Ditangkap Polisi Arab Saudi
Umat Muslim berdoa di Ka'bah(AFP)

KONJEN RI di Jeddah Yusron B Ambary mengatakan aparat keamanan Arab Saudi menangkap seorang pegiat media sosial asal Indonesia karena menawari jemaah berhaji menggunakan visa ziarah. Yusron juga meluruskan berita sebelumnya yang menyebutkan bahwa yang ditangkap adalah seorang selebgram.

Yusron mengatakan pelaku perempuan berinisial LMN (40 tahun) dan sudah ditetapkan sebagai tersangka. "Tersangka berinisial LMN.Yang bersangkutan ditangkap bersama keponakannya," ucap Yusron saat jumpa pers via zoom di Makkah, Jumat (7/6).

Yusron mengatakan LMN ditangkap di Makkah saat menuju hotel. Dari hasil pemeriksaan, kata Yusron, diketahui LMN bukan selebgram, dia merupakan pegiat media sosial yang aktif mengiklankan haji murah melalui Facebook.

Baca juga : Penggunaan Visa Haji Palsu, 37 Warga Makassar Ditahan di Arab Saudi

"Bukan selebgram tapi dia pegiat media sosial. Dia menjual melalui akun Facebooknya, sudah punya pengikut 5 ribu," ucap Yusron.

LMN memiliki travel berinisial AND Tour and Travel. Namun travel tersebut tidak memiliki izin penyelenggaraan ibadah haji. "Baru miliki izin umrah, belum miliki izin haji," ucapnya.

LMN menjanjikan kepada 50 jemaah bisa berhaji tanpa antre dengan membayar Rp 100 juta. Saat ini para jemaah sudah berada di Makkah dan diimbau untuk kembali ke Tanah Air agar tidak kena masalah hukum di Saudi.

Baca juga : Jemaah Haji Indonesia Dukung Penerapan Aturan Ketat Visa Haji

Tim KJRI sudah bertemu dengan jemaahnya. Mereka agak bingung dengan nasibnya.

“Kami sudah minta mereka pulang, tapi mereka bilang nggak bisa pulang cepat, sudah terjadwalkan tanggal 21 Juni katanya,” papar Yusron.

Saat ini, LMN masih diperiksa pihak kejaksaan Arab Saudi dan dikenakan pasal financial fraud. LMN dan suaminya datang ke Arab Saudi menggunakan visa amil musim atau pekerja musiman. 

"Mereka berdua punya visa temporary working permit dan bisa berada di Saudi selama musim haji," ucap Yusron. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat