visitaaponce.com

DPR RI Perkuat Pengawasan Ibadah Haji dengan Melibatkan Berbagai Komisi

DPR RI Perkuat Pengawasan Ibadah Haji dengan Melibatkan Berbagai Komisi
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid(DPR)

WAKIL Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid, mengungkapkan langkah strategis yang diambil DPR RI untuk memperkuat pengawasan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Abdul Wahid menjelaskan peran komisi-komisi di DPR RI dalam memastikan kelancaran pelaksanaan haji bagi jemaah Indonesia di Saudi Arabia.

“Jadi gini, tahun ini kami membawa beberapa teman Anggota DPR RI dari Komisi VIII dan juga komisi-komisi lain yang terkait. Komisi V yang membidangi transportasi, Komisi VI yang menangani masalah perdagangan dan pengadaan barang, serta Komisi IX yang menyangkut masalah kesehatan,” ujar Abdul Wachid di Bandara Inteenasional Soekarno Hatta sebelum keberangkatan Timwas Haji DPR RI ke Saudi Arabia, Senin (10/06)

Ia menegaskan pengawasan pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama adalah tugas utama Komisi VIII DPR RI. Sementara itu, Komisi V bertanggung jawab atas transportasi, termasuk pemberangkatan jemaah dengan Garuda Indonesia dan layanan transportasi lainnya di Saudi Arabia.

Baca juga : DPR RI Prihatin Banyak Jemaah Haji Tanpa Visa Resmi di Makkah

“Komisi VI menangani pengadaan barang, termasuk makanan. Kami berharap pengawasan yang ketat akan memastikan 100% produk Indonesia digunakan,” tambahnya.

Masalah kesehatan jemaah haji juga menjadi perhatian utama, terutama untuk jemaah lansia. Abdul Wachid berharap Komisi IX fokus pada pengawasan kesehatan, pengadaan obat, dan pelayanan kesehatan bagi jemaah.

“Kami butuh pengawasan yang benar-benar fokus, terutama untuk kesehatan karena haji adalah ibadah fisik. Kami berharap Komisi IX memberikan perhatian khusus dalam hal ini,” jelas Abdul Wachid.

Baca juga : Perubahan Alokasi Kuota Tambahan Jemaah Haji masih akan Dibahas

DPR RI juga berencana mengadakan rapat evaluasi setelah kepulangan jemaah haji. Rapat ini akan membahas hasil pengawasan dan persiapan pelaksanaan haji tahun 2024.

“Kami akan rapat bersama terkait dengan Panja evaluasi haji dan juga Panja berikutnya untuk pelaksanaan haji tahun 2024. Kami berharap masing-masing Timwas, memberikan laporan resmi kepada kami,” pungkasnya.

Dengan adanya pengawasan ketat dari berbagai komisi DPR RI, diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat