visitaaponce.com

Dokter Kardiovaskular dan Perawat akan Dikirim ke Tiongkok

Dokter Kardiovaskular dan Perawat akan Dikirim ke Tiongkok
Ilustrasi.(Freepik)

DALAM upaya mempercepat peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga medis dan kesehatan dalam menangani penyakit jantung di Indonesia, Kementerian kesehatan akan mengirimkan sejumlah dokter, perawat, dan teknisi kardiovaskular ke rumah sakit Rizhao Xinyi, Tiongkok, untuk studi.

Hal ini sejalan dengan meningkatnya angka kejadian kardiovaskular di Indonesia dari tahun ke tahun. Ini menjadikannya salah satu penyakit dengan beban pembiayaan kesehatan tertinggi.

Hal itu tercantum dalam kerja sama dengan Kemenkes dengan RS Rizhao Xinyi. Diharapkan kerja sama itu mampu membuka kesempatan bagi dokter dan teknisi kardiovaskular Indonesia untuk belajar di RS Jantung Rizhao serta tercipta talenta medis profesional kardiovaskular yang mumpuni di Indonesia. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan medis di Tanah Air.

Baca juga : Mayoritas Puskesmas Tidak Penuhi Syarat Tenaga Kesehatan

"Kami berharap dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk secara aktif mendorong kerja sama mendalam di bidang medis antara Tiongkok dan Indonesia, untuk mencapai pembangunan bersama," kata Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan dr. Arianti Anaya, Selasa (11/6).

Rumah Sakit Rizhao, yang berafiliasi dengan Universitas Qingdao, atau yang dikenal sebagai Rumah Sakit Jantung Rizhao, merupakan rumah sakit yang ditunjuk untuk jaringan asuransi kesehatan nasional atau rumah sakit rujukan nasional. Rumah sakit ini dibangun sesuai dengan standar internasional yang terakreditasi JCI dan berstandar Kelas III A domestik.

"Dengan begitu, kerja sama ini terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kedua negara serta menyumbangkan kebijaksanaan dan kekuatan bagi kemajuan pelayanan medis dan kesehatan global serta pembangunan dan kesejahteraan regional," ujar dia.

Rumah sakit nirlaba ini menjadi pusat kerja sama teknologi medis antara Sekolah Tinggi Kedokteran Klinis ke-12 Universitas Qingdao dan Rumah Sakit Zhongshan yang berafiliasi dengan Universitas Fudan. Rumah Sakit Jantung Rizhao menyediakan layanan diagnosis dan pengobatan komprehensif yang mengintegrasikan penelitian klinis, pendidikan, dan kegiatan ilmiah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat