visitaaponce.com

Orasi Pengukuhan Guru Besar UPH Teknologi IoT Kurangi Konsumsi Energi hingga 25

Orasi Pengukuhan Guru Besar UPH: Teknologi IoT Kurangi Konsumsi Energi hingga 25%
Pengukuhan Guru Besar Tetap UPH(Dok. UPH)

PROF. Dr. A’azokhi Waruwu, S.T., M.T., ditetapkan sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Geoteknik melalui Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) tertanggal 1 Desember 2023. Dalam acara pengukuhan, Prof. A’azokhi menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Perbaikan dan Perkuatan Tanah Dasar untuk Pembangunan Berkelanjutan”. 

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. A’azokhi menekankan penelitiannya pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi digital. 

“Dalam penelitian ini, saya menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan penggunaan energi dalam infrastruktur. Hasilnya menunjukkan bahwa teknologi IoT dapat mengurangi konsumsi energi hingga 25%. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa teknologi dapat berperan besar dalam menciptakan infrastruktur yang lebih hijau dan efisien. Dengan IoT, berbagai perangkat infrastruktur dapat berkomunikasi satu sama lain untuk mengoptimalkan operasional secara real-time,” jelas Prof. A’azokhi.

Baca juga : Universitas Mercu Buana Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru

Prof. A’azokhi yang merupakan  dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) adalah satu dari tiga Guru Besar yang baru saja dikukuhkan di Universitas Pelita Harapan (UPH). Dua Guru Besar lain adalah Prof. Dr. Ir. Samuel Lukas, M.Tech., selaku dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Prof. Dr. Hendra Achmadi, S.Kom., M.M., selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Rektor UPH Jonathan L. Parapak mengatakan, momen pengukuhan ketiga Guru Besar ini memperlihatkan prestasi yang gemilang dan sangat membanggakan bagi segenap sivitas akademika UPH.

“Para Guru Besar yang dikukuhkan ini adalah sosok-sosok yang telah membuktikan keahliannya di bidang ilmu masing-masing. Ketiganya menjadi bukti nyata komitmen UPH dalam menciptakan dan mendukung keunggulan akademik yang berkelanjutan. Selain itu, pengukuhan ketiga Guru Besar juga membuktikan kualitas tenaga pengajar di UPH sangatlah unggul, terlihat dari kemampuan mereka dalam menghasilkan penelitian yang relevan dan berdampak tinggi. Saya turut bangga dan memberikan apresiasi setingginya bagi tiga Guru Besar yang hari ini dikukuhkan,” ujar dia.

Baca juga : Keresahan Kampus Berpotensi Kikis Kepercayaan Publik terhadap Jokowi

Rektor juga berharap agar para Guru Besar dapat menjadi sumber inspirasi bagi seluruh komunitas akademik dan terus mengejar keunggulan dalam bidang ilmiah serta senantiasa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan bangsa.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Samuel Lukas, M.Tech melalui penelitiannya Penilaian Otomatis Ujian Pilihan Ganda Berbasis Android menyebutkan beberapa solusi untuk penilaian otomatis ujian pilihan ganda yang lebih mudah dan murah dengan menggunakan kamera smartphone berbasis Android.

“Beberapa solusi untuk penilaian otomatis ujian pilihan ganda tersedia secara komersial, namun perangkatnya relatif mahal dan aksesibilitasnya sangat terbatas. Di sisi lain, ketersediaan smartphone Android dengan kamera terintegrasi pada setiap pengajar membuka kemungkinan untuk menciptakan solusi yang lebih mudah dan murah untuk penilaian otomatis pilihan berganda. Kedua alasan tersebut menjadi motivasi untuk mengimplementasikan sistem penilaian otomatis berbasis Android pada ujian pilihan ganda,” jelas Prof. Samuel.

Prof. Dr. Hendra Achmadi, S.Kom., M.M. meneliti inovasi pemasaran perguruan tinggi di era VUCA. Era ini ditandai dengan perubahan yang cepat, tidak menentu, dan memerlukan strategi pemasaran yang adaptif serta responsif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menemukan strategi pemasaran yang dapat membantu perguruan tinggi menarik dan mempertahankan mahasiswa di tengah persaingan yang ketat dan lingkungan yang berubah cepat.

Prita Ekasari, S.T., MMSI, selaku Ketua Tim Kerja Sumber Daya Pendidik Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, turut memberikan apresiasi atas pengukuhan tiga Guru Besar baru ini. Ia berharap para Guru Besar baru dapat berperan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi besar dalam riset dan kebijakan di berbagai sektor. (H-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat