visitaaponce.com

Ribuan Orang Saksikan Gerhana Matahari Total di Cile

Ribuan Orang Saksikan Gerhana Matahari Total di Cile
Warga suku asli Cile menyaksikan gerhana matahari total yang berlangsung selama dua menit di Carahue, Cile.(AFP/MARIO QUILODRAN)

RIBUAN orang melihat ke angkasa untuk melihat gerhana matahari total yang berlangsung selama dua menit pada Senin (14/12) di Cile.

Hujan lebat sempat mengancam gerhana tidak terlihat di Cile namun di saat-saat akhir awan menghilang sehingga gerhana itu bisa terlihat.

"Ini adalah hal yang indah dan unik. Faktanya, tidak ada yang berharap bisa melihat gerhana akibat cuaca dan awan. Namun, untuknya, awan menghilang tepat waktu. Ini adalah sebuah keajaiban," ujar Marias Tordecilla, 18, di Kota Pucon.

Baca juga: Ouattara Dilantik Sebagai Presiden Pantai Gading

"Ini bukanlah hal yang sekadar Anda lihat dengan mata namun juga Anda rasakan dengan hati," imbuh pemuda yang mengaku melakukan perjalanan selama 10 jam bersama keluarganya untuk melihat fenomena alam itu.

Gerhana matahari total kali ini merupakan yang kedua di Cile dalam tempo 18 bulan.

Kali ini, gerhana matahari total terjadi pada pukul 13.00 waktu setempat saat ribuan turis dan warga berkumpul untuk menyaksikan.

Pada Juli 2019, sekitar 300 ribu orang berkumpul di padang pasir Atacama, di utara Cile, untuk melihat gerhana matahari total. (AFP/OL-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat