visitaaponce.com

Fosil Spesies baru Dinosaurus Berparuh Bebek Ditemukan di Cile

Fosil spesies dinosaurus herbivora yang sebelumnya tidak dikenal di belahan bumi selatan baru baru ini telah ditemukan di Cile.

Menuruut para ilmuwan, dengan panjang hingga empat meter (13 kaki) dan berat satu ton, hewan yang dalam bahasa setempat disebut Gonkoken nanoi  ini hidup 72 juta tahun yang lalu di ujung selatan Patagonia Cile.

"Ini adalah dinosaurus yang tampak ramping, yang dapat dengan mudah mengadopsi postur bipedal dan quadrupedal untuk mencapai vegetasi di ketinggian dan di permukaan tanah," kata Alexander Vargas, direktur jaringan paleontologi Universitas Cile, Jumat (16/6). Vargas merupakan salah satu penulis dari studi yang diterbitkan oleh jurnal Science Advances dan telah dipresentasikan di Santiago.

Para ahli mengatakan penemuan ini menunjukkan bahwa Patagonia Cile berfungsi sebagai habitat perlindungan bagi spesies hadrosaurus, sejenis dinosaurus berparuh bebek yang umum di Amerika Utara, Asia, dan Eropa selama periode Cretaceous, dari 145 hingga 66 juta tahun yang lalu.

“Kehadiran mereka di wilayah selatan yang terpencil mengejutkan para ilmuwan, yang harus memahami bagaimana nenek moyang mereka sampai di sana," kata Vargas.

Gonkoken nanoi, spesies dinosaurus kelima yang ditemukan di Cile, sebenarnya ditemukan pada tahun 2013. Sejak itu ilmuwan memulai penyelidikan tentang spesies tersebut selama satu dekade.

Nama Gonkoken berasal dari bahasa Tehuelche, penduduk pertama di wilayah tersebut, yang artinya ‘mirip dengan bebek atau angsa liar’. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat