visitaaponce.com

Penemuan Fosil Gajah Purba Lengkapi Kepurbakalaan Blora

Penemuan Fosil Gajah Purba Lengkapi Kepurbakalaan Blora
Penggalian penemuan gading gajah purba diperkirakan berusia 300 ribu tahun di Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.(MI/Akhmad Safuan)

PENEMUAN fosil gading gajah purba Stegodon yang diperkirakan berusia 300 ribu tahun di Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), cukup mengejutkan para peneliti. Namun temuan tersebut dapat melengkapi temuan fosil gajah raksasa sebelumnya diperkirakan punya ketinggian empat meter.

Arkeolog di Jawa Tengah, terutama Blora, kembali disibukkan dengan penelitian. Ini setelah pada Selasa (21/5) Trio Nur Koimudin, 25, warga Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, menemukan fosil gading gajah purba yang diperkirakan berusia 300 ribu tahun tidak jauh dari aliran Sungai Bengawan Solo.

"Saya saat itu sedang mau mencari ikan di Sungai Bengawan Solo. Ketika sedang menggali tanah untuk mencari umpan tiba-tiba menemukan gading gajah tersebut," ungkap Trio Nur Koimudin.

Baca juga : Gali Fondasi Rumah, Rudy Hartono Temukan Gading Gajah Purba

Penemuan gading gajah purba Stegodon tersebut melengkapi penemuan fosil gajah sebelumnya di wilayah Situs Kedung Wedus, Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, pada Juni 2023. Ini sekaligus membuktikan bahwa daerah di ujung timur Jawa Tengah merupakan area purba.

Mendapati temuan fosil gajah purba tersebut, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora cepat bergerak dengan melakukan ekskavasi fosil gading gajah purba. "Kita akan melakukan riset lanjutan di area sekitar penemuan fosil gading gajah purba ditemukan di Sungai Bengawan Solo," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Blora Widyarini, Jumat (24/5).

Fosil gading gajah purba diperkirakan berusia 250 ribu tahun. Selanjutnya fosil ditempatkan di Rumah Artefak yang berlokasi di area GOR Mustika Kabupaten Blora. Hal ini untuk menghindari kerusakan dan selanjutnya akan segera melaporkan temuan ke Balai Pelestarian Kebudayaan Yogyakarta.

Satu tahun sebelumnya fosil gajah purba ditemukan di wilayah Situs Kedung Wedus, Desa Kapuan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, berupa tulang femur (paha) dan tulang betis. Fosil itu kini juga masih tersimpan rapi dan menjadi objek penelitian para arkeolog. Karenanya, temuan gading gajah purba terbaru akan semakin memperbanyak sejarah purba di daerah ini.

Di Kabupaten Blora hingga kini hampir 50% wilayahnya ialah kawasan hutan. Ini kian menarik menjadi perhatian peneliti dan arkeologi, karena di daerah ini pula terdapat sungai purba di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Sungai ini masih terawat baik dan menjadi destinasi wisata seperti pernah ditulis Media Indonesia 19 Oktober 2019. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat