visitaaponce.com

Gali Fondasi Rumah, Rudy Hartono Temukan Gading Gajah Purba

Gali Fondasi Rumah, Rudy Hartono Temukan Gading Gajah Purba
Arkeolog dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran sedang meneliti gading purba yang ditemukan oleh warga Ngebung.(MI/Widjajadi.)

SAAT menggali fondasi rumah, seorang warga Dukuh Ngebung, Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, menemukan fosil gading gajah purba. Fosil itu diduga berusia 800 ribu tahun.

"Ya saya kaget ketika menggali fondasi untuk rumah, mencuat benda berbentuk gading cukup panjang yang sudah membatu, berserat, mirip fosil," ungkap Rudy Hartono, warga Ngebung. Penemuan gading gajah purba mencengangkan dunia arkeologi.

Ia menuturkan kecurigaan bahwa barang temuan yang digali itu ialah fosil, karena dirinya sudah memiliki pemahaman tentang ciri ciri artefak dan benda purba. Pengetahuan tentang benda purba atau prasejarah itu dimiliki hampir semua warga dewasa yang bermukim di kawasan kubah atau dome Sangiran sebagai hasil sosialisasi dari petugas Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Seperti diketahui, situs Sangiran terletak di dua wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah meliputi Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar dengan luas 59,21 kilometer persegi.   

Baca juga: MUI Jabar Minta Pemerintah Waspadai Dampak Panji Gumilang Tersangka

"Begitu meyakini benda di bawah fondasi rumah ini sebagai gading yang membatu, saya melapor ke petugas museum Sangiran Klaster Ngebung," tutur petani Ngebung ini. Suwita Nugraha, petugas dari penyelamatan temuan dan monitoring situs terpadu Sangiran, menindaklanjuti pelaporan itu dengan mendatangi lokasi temuan.

Pada Rabu (2/8), Suwita bersama tim arkeolog dibantu warga setempat. Mereka terus mencoba melakukan penggalian mencari bentuk temuan fosil gading gajah purba itu.

Baca juga: Awas Bencana, Karhutla Menelan 82,2 Hektare di Jawa Tengah

Dari telisik fisik, ia membenarkan bahwa temuan mengarah kepada fosil situs gading hewan gajah purba atau Stegodon dan juga bisa Elephas. "Gading panjangnya bisa mencapai 2 meter. Belum ditelaah lebih dalam, tetapi kami berkecenderungan gading Elephas," tukas Suwita.

Sejauh ini, lanjut dia, ada dua jenis gajah yang biasanya ditemukan di wilayah Ngebung, yakni Stegodon dan Elephas. Elephas lebih muda dari Stegodon maupun Mastodon (gajah purba paling tua).

Dari riwayat temuan gading gajah purba yang tersimpan di Museum Purba Sangiran yang dikelola Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, satu dari sejumlah unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) temuan gading berusia 800 ribu tahun.    

"Nanti hasil penelitian lanjutan akan memastikan temuan dari warga Ngebung. Nanti kita umumkan," pungkas Suwita. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat