visitaaponce.com

Fosil Kura-kura Raksasa Ditemukan di Andes Kolombia

Fosil Kura-kura Raksasa Ditemukan di Andes Kolombia
Ilustrasi - Para paleontolog menemukan fosil kura-kura raksasa yang sudah punah, Puentemys mushaisaensis, di Kolombia(Foxnews)

PARA paleontolog telah menemukan fosil kura-kura raksasa kuno di Kolombia yang berasal dari sekitar 57 juta tahun yang lalu, demikian pernyataan dari universitas yang memimpin ekskavasi tersebut. Penemuan fosil itu penting untuk memahami era prasejarah Amerika Selatan.

Fosil reptil yang sudah punah tersebut, Puentemys mushaisaensis, memiliki panjang sekitar 1,5 meter (lima kaki) dan ditemukan di munisipalitas berbukit Socha, di timur laut negara tersebut, demikian Universitas Rosario mengatakan dalam pernyataan Rabu lalu.

Penemuan ini belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah Andes, karena ekskavasi spesies lain yang serupa berada beratus-ratus kilometer jauhnya di dekat Laut Karibia.

"Menemukannya 500 kilometer (310 mil) ke selatan... memungkinkan kita untuk merekonstruksi dan memahami seperti apa lanskapnya" di bagian utara Amerika Selatan selama masa Epoch Paleocene dan Eocene, ketika wilayah Andes adalah rangkaian dengan ketinggian lebih rendah yang memiliki danau-danau yang saling terhubung, kata paleontolog Edwin Cadena, yang memimpin penelitian tersebut.

Epoch tersebut merupakan bagian dari periode Paleogen dari 66 juta hingga 23 juta tahun yang lalu, era geologis pertama setelah kepunahan dinosaurus. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat