visitaaponce.com

MPR Situs Purbakala Patiayam Kudus Butuh Perhatian Serius

MPR: Situs Purbakala Patiayam Kudus Butuh Perhatian Serius 
okasi temuan fosil gading gajah purba saat penyelamatan di Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah.(Antara)

PELESTARIAN kawasan situs purbakala di Indonesia memerlukan perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat, agar nilai-nilai yang terkandung dalam peninggalan peradaban manusia di masa lalu itu dapat terus memberi manfaat kepada generasi penerus bangsa. 

"Perhatian serius harus kita berikan pada kawasan situs purbakala yang kita miliki, seperti situs Patiayam di Kudus, Jawa Tengah. Tujuannya, agar peninggalan peradaban yang sangat bernilai itu tidak musnah," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/1).

Proses ekskavasi dilakukan oleh Center for Prehistory and Austronesian Studies (CPAS) bekerjasama dengan Yayasan Darma Bakti Lestari (YDBL) sejak 8 Januari 2024 lalu.

Baca juga : Artefak Wadah Air Kerajaan Majapahit Ditemukan di Situs Kraton Pleret

Baca juga : BPCB Ekskavasi Arca Dwarapala, Masterpiece Kerajaan Tumapel

Dari ekskavasi tersebut, sejumlah fosil yang diduga berusia ratusan ribu tahun ditemukan di situs Patiayam, Kudus, Jawa Tengah. 

Berdasarkan penelitian para arkeolog dari CPAS, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, di kawasan situs  Patiayam diperkirakan masih banyak peninggalan peradaban zaman purba yang terpendam. 

Baca juga : Fakta Situs Manyarejo Sangiran yang Jadi Tempat Pertemuan Arkeolog

Baca juga : Paranormal dan Arkeolog Dilibatkan Cari Situs Kuno Suku Sasak

Potensi kekayaan peninggalan purbakala itu, tambah Rerie, membutuhkan perhatian yang serius dari semua pihak, mengingat temuan fosil purbakala itu diperkirakan bukan semata peninggalan sejarah bangsa Indonesia. 

Lebih dari itu, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, temuan sejumlah fosil itu diduga merupakan bagian dari sejarah peradaban manusia di dunia. 

Nilai-nilai sejarah peradaban manusia yang terkandung dalam sejumlah fosil dan artefak yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu, jelas Rerie, merupakan warisan pengetahuan yang penting bagi generasi penerus bangsa. 

Besarnya potensi yang dimiliki situs purbakala Patiayam, Kudus ini, menurut Rerie, membutuhkan campur tangan dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam pengelolaannya. 

Kepedulian pemerintah terhadap situs purbakala Patiayam, tegas Rerie, sangat diharapkan demi menjaga kelestarian nilai-nilai budaya peradaban bangsa yang tidak ternilai tersebut. (RO/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat